JK Turut Berduka atas Wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi Beserta Rombongan dalam Kecelakaan Helikopter

Jusuf Kalla

JAKARTA, KILASSULAWESI– Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya presiden Iran dalam kecelakaan helikopter yang ditumpanginya beserta rombongan pada 19 Mei 2024 duka cita tersebut disampaikan JK di sela-sela kegiatannya di Jakarta, pada Selasa 21 Mei 2024.

“Kita mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya, Iran sebagai sahabat Indonesia juga mempunyai hubungan yang baik,”ujar JK.

Bacaan Lainnya

JK juga memanjatkan doa kepada mendiang Presiden Iran serta korban lainyya dalam kecelakaan tragis tersebut kita semua mendoakan presiden dan korban lainnya” lanjut JK.

Diketahui, Raisi dinyatakan meninggal pada Senin, 20 Mei 2024, setelah tim penyelamat menemukan helikopternya yang jatuh di wilayah pegunungan yang diselimuti kabut. TV pemerintah Iran mengumumkan bahwa ‘abdi bangsa Iran, Ayatollah Ebrahim Raisi, telah mencapai tingkat kesyahidan tertinggi’ dan menyiarkan gambar-gambar semasa hidup Raisi.

Presiden Raisi dan 8 orang lainnya dipastikan tewas dalam kecelakaan helikopter itu. Helikopter mereka jatuh saat melintasi daerah pegunungan dalam kabut tebal pada Minggu, 19 Mei 2024, sore waktu setempat.

Selain Raisi, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, yang dikenal karena sentimen anti-Israel dan skeptisismenya terhadap Barat, juga tewas dalam kecelakaan heli tersebut. Selain itu, tujuh orang lainnya tewas, termasuk pilot, pengawal, serta pejabat-pejabat politik dan agama termasuk imam salat Jumat Tabriz, yatollah Mohammad Ali Al-e Hashem dilaporkan masih hidup hingga 1 jam setelah kecelakaan bahkan ia masih sempat menelpon Tuan Gholam Hossein Esmaeili, kepala Kantor Kepresidenan.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *