Patut Diacungi Jempol, Timnas Indonesia Kalah 0-2 dari Juara Dunia Argentina

Timnas Indonesia

JAKARTA, KILASSULAWESI– Perjuangan pasukan Garuda julukan Tim Nasional (Timnas) Indonesia patut diacungi jempol dalam meladeni permainan Timnas Argentina, Senin, 19 Juni 2023. Walau pada agenda FIFA Matchday tersebut berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan timnas Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Bacaan Lainnya

Dua gol kemenangan Argentina dicetak Leandro Paredes dan sundulan Cristiano Romero. Meski kalah Indonesia sempat membuat timnas Argentina kerepotan menembus pertahanan Indonesia. Beberapa kali Indonesia juga berhasil membuat lini pertahanan Argentina kelabakan.

Di kubu Indonesia, pelatih Shin Tae-yong, menurunkan formasi 4-4-2. Dia menampilkan Dimas Drajad dan Rafael Struick sebagai duet di barisan depan.
Sementara di lini tengah pelatih asal Korea Selatan itu menurunkan Shayne Pattynama, Marselino Ferdinan, Marc Klok, dan Ivar Jenner. Sementara menjaga lini belakang. Posisi kiper dipercayakan kepada Jordi Amat, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, serta Elkan Baggott. Mereka mengawal penjaga gawang Ernando Ari.

Di kubu Argentina, pelatih Lionel Scaloni mengusung formasi 4-4-2. Nicolas Gonzalez dan Julian Alvarez dipercaya tampil sebagai duet di barisan depan. Mereka ditopang barisan tengah yang terdiri dari Leandro Paredes, Giovani Lo Celso, Facundo Buonanotte, dan Exequiel Palacios. Facundo Medina dan German Pazzella dipercaya berduet di jantung pertahanan, Mereka didampingi Cristian Romero di kanan serta Nehuel Molina di sisi kiri. Barisan pertahanan ini mengawal kiper Emiliano Martinez.

Duel capt Timnas Indonesia dan pemain argentina

Argentina tak diperkuat tiga pemain yakni Kapten Lionel Messi, Angel Di Maria, dan bek Nicolas Otamendi. Lionel Scaloni mengungkap alasan mengapa kapten tim sekaligus sang bintang, Lionel Messi batal datang ke Jakarta dan tampil dalam laga Indonesia vs Argentina. Scaloni mengatakan, Messi, Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi tidak ikut serta dalam skuad La Albiceleste, julukan Timnas Argentina melawan timnas Indonesia dalam ajang FIFA Matchday karena harus beristirahat.

Argentina mengusung permainan menyerang sejak pertandingan dimulai. Mereka terus melakukan tekanan pada babak sebelum jeda ini. Pemain belakang Indonesia pun dibuat sibuk. Namun ketatnya pertahanan Indonesia sempat membuat Argentina kesulitan mencetak gol. Performa apik kiper Ernando Ari juga ikut membuat Argentina kesulitan mencetak gol pada menit-menit awal, kendati mereka sangat dominan dalam penguasaan bola.

Presiden Jokowi didampingi Ketua PSSI Erick Thohir

Indonesia sempat menekan pada menit keenam. Struick mencoba memanfaatkan umpan Baggott namun gagal. Bek Garman Pazzella mengancam gawang Indonesia melalui sundulan namun melembung dari sasaran. Menit ke-14, Argentina kembali mendapat peluang melalui Giovani Lo Celco. Mantan pemain Tottenham Hotspur ini menyisir dari sisi kiri pertahanan.

Namun upayanya melesakkan bola ke depan berhasil digagalkan Jordi Amat.
Tiga menit kemudian, Ernando Ari menjadi pahlawan setelah menepis tendangan Leandro Paredes. Argentina memiliki peluang emas Pada menit ke-29, Facundo Buonanotte tinggal berhadapan dengan kiper Ernando Ari. Namun tendangannya berhasil ditahan kiper Persebaya ini. Alvarez yang berupaya memanfaatkan bola muntah gagal memaksimalkan peluang yang didapatnya.

Gawang Indonesia akhirnya dijebol gawang Indonesia pada menit-38. Gol dicetak oleh Leandro Paredes yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Kiper Ernando yang sudah terbang gagal menyelamatkan gawangnya. Argentina kembali mengancam pada menit ke-43. Alvarez merangsek dari sisi kanan dan melepaskan tendangan yang hanya mengoyak sisi luar jala gawang Indonesia.

Indonesia sempat membuat kiper Argentina, Emiliano Martinez, harus bekerja keras menyelematkan gawangnya saat menahan tendangan Ivar Jenner yang berupaya memaksimalkan umpan Asnawi di pengujung babak pertama. Pada babak kedua Argentina tetap berusaha mengepung Indonesia. Mereka akhirnya menciptakan gol kedua berkat aksi Cristian Romero.

Bek Tottenham Hotspur ini menjebol gawang Indonesia dengan sundulan memanfaatkan umpan sepak pojok.
Indonesia sempat membuat repot lini pertahanan Argentina. Tendangan Ivar Jenner membuat kiper Martinez harus jatuh menyelamatkan gawangnya. Sundulan Baggott memanfaatkan lemparan ke dalam juga membuat kiper Aston Villa itu nyaris kebobolan.

Meski kalah performa Indonesia patut mendapat acungan jempol. Asnawi Mangkualam dan-kawan memberikan perlawanan maksimal dan membuat Argentina harus bermain serius untuk bisa memetik kemenangan.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *