Semarak HUT RI,ke 78 DLHK Polman gelar lomba pungut sampah di pantai bahari

POLMAN, KILASSULAWESI,- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menggelar lomba memungut dan menabung sampah,

Hadir dalam kegiatan itu Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar serta beberapa kepala OPD lingkup pemerintah kabupaten Polman, selain itu hadir juga Rektor Unsulbar, Profesor,Muh Abdy,dan kepala BPJS Cabang Polman.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan itu 24 tim dari gabungan petugas kebersihan dan warga sekitar mengikuti kegiatan itu dengan total hadiah Rp 5 juta.

Puluhan peserta memungut seluruh sampah botol plastik minuman mulai dari garis star hingga di garis finis lalu peserta mengumpulkan sampahnya di Taman Pantai Polewali untuk di timbang

Sampah yang dikumpul tersebut kebanyakan botol plastik minuman dan kardus bekas yang bernilai ekonomi.

Mereka memilah dan membersihkan sampah lalu ditimbang oleh pihak panitia penyelenggara.Panitia akan melihat ukuran dan banyaknya sampah yang dikumpulkan oleh para peserta lomba.

“Ini dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, temanya memungut sampah,” ujar Plt DLHK Polman Agusniah Hasan Sulur saat ditemui wartawan di pantai bahari Kamis 10/8/23,Ia menjelaskan lomba ini untuk memotivasi para petugas kebersihan agar lebih semangat mengumpulkan sampah plastik.

Para petugas diharap setiap hari memungut sampah plastik minuman yang dapat ditukarkan dengan uang.Melalui bank sampah Sipamandaq yang selama ini dikelolah DLHK Polman.

Di jelaskan, dari kegiatan ini peserta mampu mengumpulkan sampah sebanyak 2 ton
Hal itu juga dapat mengurangi banyaknya sampah yang selama ini berserakan di Kecamatan Polewali.

Agusniah menambahkan dengan adanya lomba ini dapat memberikan motivasi bagi para petugas kebersihan.Agar lebih semangat lagi mengumpulkan sampah yang dapat menjadi ekonomi tambahan.tutup Agusniah.

Ditempat yang sama Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar menuturkan bahwa kegiatan ini untuk memotivasi warga dan petugas kebersihan agar selalu rajin memilah sampah Nya, karena selain membersihkan lingkungan sampah hari ini juga bernilai ekonomi,”jadi kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi warga agar selalu perhatikan lingkungan nya apalagi sampah yang sering kita lihat itu ternyata ada harganya dan dapat ditukar dengan sembako dan sebagainya di kantor dlhk Polman,”tutur Andi Ibrahim Masdar.(*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *