Peringati HKN Ke-59, Bupati Pangkep Serahkan 5 Ambulance Laut

PANGKEP, KILASSULAWESI.COM — Peringatan Hari Kesehatan Nasional(HKN) ke-59, Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau(MYL)menyerahkan ambulans laut untuk lima Puskesmas wilayah kepulauan.

Puskesmas Sabutung, Puskesmas Liukang Tupabiring, Puskesmas Sarappo, Pusekesmas Liukang Tangaya dan Pusksemas Liukang Kalmas.

Penyerahan lima ambulans laut secara simbolis saat upacara HKN ke-59, di lapangan upacara kantor Sekretariat daerah(Setda) kabupaten Pangkep, Jumat(17/11/23).

Bupati MYL mengatakan, bantuan peralatan, dan alkes khususnya ambulans laut agar dijaga dengan baik.

“Semoga hadirnya ambulans laut ini, pelayanan kesehatan lebih baik dan menjangkau lebih luas khususnya masyarakat kita di wilayah kepualauan,”katanya.

Mantan ketua DPRD Pangkep itu menambahkan, pengadaan ambulans laut ini bersember dari anggaran Dana Alokasi Khusus(DAK).

“Dibandingkan ambulans sebelumnya, ambulans ini agak kecil tapi memiliki mesin berkualitas dan kencang. Kurang lebih hanya 30 liter BBM perjam, jadi tidak terlalu besar biaya yang dikeluarkan,”jelasnya.

Ambulans laut ini dilengkapi peralatan penanganan pasien saat dirujuk.

“Khusus untuk Kalmas dan Tangaya, dilengkapi toilet,”imbuhnya.

Uji coba ambulans laut dilakukan di sungai Pangkajene, oleh Bupati Pangkep dan Kadis Kesehatan.

HKN ke-59, MYL berharap, tenaga kesehatan terus meningkatkan sumber daya manusia(SDM) agar sejalan dengan peningkatan layanan kesehatan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *