Menparekraf Dukung Pelaksanaan Asia Media Summit ke-18 di Bali

JAKARTA, KILASSULAWESI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh pelaksanaan Asia Media Summit (AMS) ke-18 pada 23-24 Mei 2023 di Bali.

Menparekraf Sandiaga dalam sambutannya secara daring pada sesi Gala Dinner AMS ke-18 2023, Selasa, 23 Mei 2023, mengatakan event ini semakin memperkuat peran media dalam mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja. Terlebih, sebelumnya Indonesia dinilai berhasil mengemban tanggung jawab pesidensi KTT G-20 dan Keketuaan KTT ASEAN serta rangkaian event MICE kelas dunia lainnya.

“Media memiliki peranan penting dalam mempromosikan keberlanjutan ekonomi dengan menghadirkan ragam informasi terkait kebijakan maupun situasi ekonomi terkini. Dengan demikian, perhelatan Asia Media Summit ke-18 2023 di Bali ini, diharapkan dapat semakin meningkatkan kontribusi dan dukungan media dalam upaya kebangkitan ekonomi dunia, khususnya melalui bidang pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

Dalam menyukseskan kegiatan tersebut, Sandiaga mengungkapkan Kemenparekraf menyediakan 500 cendera mata eksklusif bagi para delegasi pertemuan yang dihadiri oleh sekitar 300 delegasi dari berbagai negara di Asia Pasifik serta regional lainnya. Cendera mata tersebut berupa kain selendang dan batik motif Bali produksi UMKM lokal terpilih.

Sandiaga menuturkan di dalam cindera mata tersebut disertakan pesan khusus sebagai tanda persahabatan antara Wonderful Indonesia dengan seluruh pemangku kepentingan sektor media di kawasan Asia Pasifik. Selain itu, dalam upaya mendukung promosi wisata Indonesia kepada para delegasi internasional, turut dimuat artikel promosi Wonderful Indonesia pada program guideline AMS ke-18 Bali 2023.

“Saya berharap pertemuan ini dapat menghasilkan aksi nyata bagi perkembangan media di dunia, khususnya wilayah Asia-Pasifik. Lebih dari itu, pesan khusus saya bagi seluruh lembaga penyiaran dan media di Indonesia untuk senantiasa berperan aktif dalam mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin turut hadir untuk membuka acara AMS ke–18 Bali 2023 di Ballroom Grand Hyatt, Nusa Dua Bali. Pada kesempatan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin menjelaskan pentingnya media untuk terus beradaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperkuat peran dasar sebagai jembatan komunikasi dan informasi antara publik dan pemerintah dalam mendukung perkembangan ekonomi.

”Saya percaya perubahan akan terus berlangsung sehingga adaptasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi perlu dilakukan oleh seluruh pihak. Untuk itu, saya mengajak seluruh media untuk memperkuat peran dasar sebagai jembatan komunikasi dan informasi antara publik dan pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi yang secara berkelanjutan dan berkeadilan,” ucap Wapres Ma’ruf Amin.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, para Menteri bidang Komunikasi dan Informasi negara-negara sahabat (Bangladesh, Kamboja, Myanmar, India, Papua Nugini, Fiji, dan Samoa), Sekjen ASEAN, Sekjen UNESCAP, Vice President AIDB, Direktur Utama LPP TVRI, dan Gubernur Bali. Hadir pula mewakili Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.(*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *