Menparekraf Apresiasi Proyek Kolaborasi Rhoma Irama dengan Dipha Barus dan Dewa Budjana

JAKARTA, KILASSULAWESI- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kolaborasi yang terjalin antara musisi dangdut legendaris Rhoma Irama dengan musisi tanah air dalam sejumlah proyek musik terbarunya.

Proyek kolaborasi tersebut antara lain dengan musisi Dewa Budjana dalam single bertajuk “SmaraRindu”. Selain itu juga kolaborasi dengan disjoki Dipha Barus dimana keduanya akan tampil bersama dalam Synchronize Festival 2023 yang akan berlangsung pada 1 hingga 3 September 2023, di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Rhoma Irama yang tidak berhenti berkarya dan berkolaborasi dengan musisi Indonesia dalam mempopulerkan musik dangdut.

“Kolaborasi ini akan menjadi karya yang menarik dan luar biasa, diharapkan dapat menjadi contoh bahwa musik dapat menyatukan generasi yang berbeda, genre, latar belakang serta suku menjadi satu selaras lewat lagu,” ujarnya dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, yang dilangsungkan secara hybrid, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin, 28 Agustus 2023, kemarin.

Sementara Rhoma Irama merasa gembira dan bangga bisa berkolaborasi dengan musisi-musisi muda. Ia mengaku bisa menyerap inspirasi dan mencoba untuk mendalami generasi milenial dan Z. “Ini sebagai suatu kebanggan buat saya,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Dewa Budjana. Dalam kolaborasinya dengan Rhoma Irama, ia mengatakan pada awalnya ingin lirik lagu tersebut dinyanyikan sepenuhnya oleh Rhoma Irama. Sementara dirinya fokus membuat musik dan lagu.

“Tapi ternyata Pak Haji bilang saya nyanyi dan main gitar aja. Akhirnya itu menjadi tantangan saya untuk membuat liriknya. Beruntung ketika saya sodorkan liriknya Pak Haji enggak ada protes,” kata Dewa.

Penyelenggara Synchronize Fest, David Kart mengatakan kolaborasi Rhoma Irama dengan Dipha Barus adalah untuk yang kedua kalinya setelah sebelumnya keduanya pernah tampil bersama di Synchronize Festival 2020. Tema yang diangkat ketika itu adalah “Selebrasi Bersama Televisi” yang ternyata berhasil meraih rating tertinggi.

“Jadi tahun ini di tim program melihat kolaborasi itu harus diangkat lebih nyata lagi dan alhamdulillah Pak Haji (sapaan akrab Rhoma Irama) mengizinkan,” ujarnya.

Synchronize Festival sendiri adalah salah satu event musik tahunan yang paling dinantikan para penikmat musik tanah air karena selalu menyajikan rangkaian acara yang berbeda di tiap tahunnya.

Di tahun ini akan ada banyak penampilan seru mulai dari musisi senior hingga pendatang baru. Tema pada tahun ini adalah “Bhineka Tunggal Musik”. Diproyeksi akan ada 15– 20 ribu penonton yang akan memeriahkan Synchronize Festival setiap harinya. Turut hadir pada WBSU, para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *