Dua Kursi di Dapil 1 Bacukiki Barat, SYT: NasDem Kunci Kursi Pimpinan di DPRD Parepare

Ketua DPW Partai NasDem, Rusdi Masse bersama Suyuti

PAREPARE, KILASSULAWESI- Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kota Parepare, khususnya di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare telah berlangsung. Berbeda dengan pemilu sebelumnya, daerah yang dikenal sebagai ‘dapil neraka’ kali ini mampu dikuasai oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) dengan perolehan suara terbanyak.

Selain Partai NasDem, dari data yang dihimpun sementara ada lima partai politik lainnya yang ikut bersaing. Kelimanya yakni Partai Golkar, PPP, PKS, PKB dan PAN. Maka dari enam partai politik tersebut, hanya Partai NasDem yang diprediksi akan mendapatkan dua kursi.

Bacaan Lainnya

Sedangkan lima parpol lainnya masing-masing satu kursi calon anggota legislatif (caleg) di DPRD Parepare. Anggota DPRD Kota Parepare dari Fraksi NasDem, Suyuti SE yang juga merupakan Caleg Dapil 1 Bacukiki Barat dan menjadi peraih suara terbanyak mengungkapkan rasa syukur atas dua kursi oleh Partai NasDem.

Bukan hanya itu, Partai NasDem juga diprediksi akan tetap mampu mempertahankan kursi pimpinan di DPRD Kota Parepare. Suyuti menjelaskan bahwa perolehan tersebut diketahui berdasarkan data C1 yang dimiliki oleh pihaknya, yang dihitung sejak 15 Februari, hingga saat ini.

Data yang masuk mencapai 100 persen, dan Partai Nasdem dipastikan mendapatkan dua kursi di Dapil 1 Bacukiki Barat dengan capaian suara terbanyak sekitar 6.376 suara dari 116 TPS.

” Partai NasDem meraih perolehan suara terbanyak dan mendapatkan posisi kursi pertama dan ketujuh. Partai Golkar posisi kursi kedua, PPP pada kursi ketiga, PKS kursi keempat, PKB dan PAN pada kursi kelima dan keenam,”ujar SYT, Senin, 26 Februari 2024.

Keberhasilan di Dapil 1 Bacukiki Barat juga mampu mempengaruhi kursi Partai NasDem di Sulsel. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulsel juga telah mengklaim mengamankan 18 kursi di DPRD Sulsel pada Pileg 2024. Jika klaim tersebut sejalan dengan hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) nantinya, maka sudah dipastikan partai besutan Surya Paloh ini mampu mengusung Calon Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) tanpa berkoalisi.

Di mana, syarat parpol agar bisa menjadi pengusung tunggal di Pilgub harus mencapai target minimal 18 kursi atau 20% kursi DPRD Sulsel hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Berdasarkan data internal NasDem untuk DPRD Sulsel yang dihimpun, antara lain, di Sulsel 1 NasDem meraih 2 kursi, Sulsel 2 raih 1 kursi, Sulsel 3, 1 kursi, Sulsel 4, 2 kursi.
Kemudian Sulsel 5, 1 kursi, Sulsel 6, 2 kursi, Sulsel 7, 1 kursi, Sulsel 8, 1 kursi, Sulsel 9, 5 kursi, Sulsel 10, 1 kursi, dan Sulsel 11, 2 kursi.

Sekretaris DPW Partai NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif mengatakan capaian tersebut tentunya menjadikan partainya sebagai pemenangan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 di Sulsel. “NasDem ke depan sudah bisa mengusung calon gubernur sendiri untuk Pilgub 2024 yang akan datang,” kata Syahar.

Partai NasDem memang menargetkan perolehan kursi di DPRD Sulsel minimal 18 kursi. Sehingga bisa mengusung calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel tanpa harus koalisi.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *