Malam ini, Jemaah Haji akan Wukuf di Arafah

Persiapan wukuf di Arafah

MEKKAH, KILASSULAWESI– Saat ini para Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyelenggarakan khutbah wukuf dan shalat berjamaah di tenda utama dan di setiap tenda jamaah yang dilaksanakan oleh para pembimbing ibadah selama wukuf. Jemaah haji Indonesia saat ini telah ditempatkan di 1.169 tenda yang dibagi ke dalam 73 maktab atau markaz selama wukuf di Padang Arafah.

Hal itu disampaikan, Pembimbing Jemaah Haji Kloter 3 UPG Asal Kota Parepare, Barru dan Maros, H Jamaruddin kepada media ini dalam laporannya. “Alhamdulilah, didampingi dr Rudi Karima sebagai dokter kloter 3 dan saya sebagai pembimbing. Kini jemaah Kloter 3 UPG sudah berada di dalam tenda -tenda Arafah. Bus pertama tiba sejak jam 10.00 dan bus ketujuh tiba siang tadi. Pagi ini di Arafah, tepatx di Area Maktab 37, malam ini jam 20.34,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Jamaruddin menjelaskan, setelah salat Magrib berjamaah dan jama taqdim Isya dan wirid , berdoa. Jemaah nampak enjoy menikmati makan bersama.

” Malam ini adalah penantian sekian lama mereka akan wukuf di Arafah. Tempat yg menjadi penentuan sah tidaknya haji mereka. Kata Nabi SAW,: Al- Hajju Arafah, Haji itu di Arafah, sehingga bagaimanapun keadaan jemaah mereka harus ke Arafah, sehingga pemerintah dengan kebijakannya mensafari wukufkan jemaah yang sakit. Sehingga Mereka yg sakit tetap hadir mensahkan hajinya di Arafah,”bebernya.

” Insya Allah besok tanggal 9 dzulhijjah saat tergelincir matahari atau waktu duhur di Arafah jemaah akan memulai wukuf sampai terbenamnya Matahari di Arafah. Wukuf mereka akan melaksanakan salah satu rukun haji yang menjadi puncak haji, puncak pertobatan, permohonan ampun, instropeksi diri, bermuhasabah dan berzikir, berdoa serta mengenal dirinya sebagai hamba yang serba kurang di hadapan sang khalik yang maha kuasa,”timpalnya.

Lebih jauh, Kepala Kemenag Barru itu menuturkan, ada 450 jemaah kloter 3 UPG ini di Arafah. Dimana mereka terbagi ditiga tenda pada maktab 37. ” Semoga mereka berjihad untuk meraih prestasi haji mabrur. “Al- Hajjul mabrur laesa lahu jazaa illal Jannah”. Aamiin YRA,”ungkapnya.

Hari ini sabtu 15 Juni 2024, pukul 17.00 sd 21.00 malam, bertepatan wukufnya jemaah haji di Arafah sekitar pukul 12.00. Ada 21 momen adalah waktu paling mustajab berdoa, karena Allah SWT saat itu turun ke bumi membanggakan hamba-hambanya yang sedang wukuf di Arafah. “Kepada malaikat malaikatnya, dan berkata: Apa maunya hamba-hambaku akan kuberikan. Saat wukuf di Arafah selama 6 jam, lebih afdal dari pada malam lailatul qadri,”tutupnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *