Ingat !! Proses Politik, JK Sebut Ada Tiga Pengaruh Besar

Jusuf Kalla

JAKARTA, KILASSULAWESI,- Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) menyebut tiga hal yang memiliki pengaruh besar dalam proses politik dan demokrasi Indonesia saat ini. Tiga hal tersebut adalah politik uang, politik penjara dan politik beradab.

Bagi JK politik uang adalah yang utama. Kemudian kedua adalah politik penjara sebab jika salah-salah dan bisa dibuktikan bisa masuk penjara. “Oleh karena itu dibutuhkan poltik beradab,” kata JK usai menghadiri Wisuda Perdana Mahasiswa Program Pasca Sarjana Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Gedung Theater Fakultas B Kampus UIII Depok, Jawa Barat, Kamis, 31 agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Mantan Ketua Umum Golkar itu menambahkan, tiga hal itu juga yang mebuat keadaan makin rumit pada kontestasi menuju Pemilu 2024. Bahkan lebih rumit dibanding saat JK ikut menjadi peserta Pemilu sebanyak tiga kali.

“Saya tiga kali ikut Pemilu. Dua kali menang satu kali kalah, tidak ada serumit ini,” ungkap JK lagi. “Sudah berapa bulan itu koalisi belum bisa bersatu. Semua karena tiga hal itu tadi,” pungkasnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *