Presiden Jokowi Kembali Lirik Sapi Kurban di Polman dan Majene

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Polman, Samio

POLMAN, KILASSULAWESI — Jelang Hari Raya Idul Adha atau idul kurban 1445 hijriah tahun 2024. Presiden RI , Ir H Joko Widodo kembali melirik sapi kurban dari Provinsi Sulawesi Barat.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Polman, Samio menjelaskan untuk tahun ini presiden RI kembali akan membeli sapi kurban di Sulbar.

Bacaan Lainnya

Maka, pihaknya sudah menyiapkan 4 ekor sapi kurban untuk diseleksi oleh pihak provinsi. “Hari ini Rabu 15 Mei 2024, pihak Provinsi akan datang melihat sapi kurban yang ada di Polman. Kami sudah siapkan 4 ekor sapi kurban yang beratnya diatas 1 ton,”ujarnya.

Namun, sebelum ke Polman pihak provinsi terlebih dahulu akan ke Kabupaten Majene. Di Majene juga ada disiapkan sapi kurban, dan itu menjadi saingan dimana beratnya kurang lebih 1 ton. “Tapi kami tetap optimis bahwa sapi dari Polman yang akan diambil dan pilih oleh presiden untuk dijadikan sapi kurban karena berat sapi kami agak diatas beratnya dari sapi di Majene,”tutur Samio yang ditemui diruang kerjanya, Selasa 14 Mei 2024.

Samio menjelaskan, saat ini sapi kurban yang ada di Polman tersebut ada di dua tempat 2 berada di Dusun Bruno, Desa Kebun Sari milik Riadi dan 2 ekor lagi ada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Wonomulyo. ” Sapi kurban yang akan di perlihatkan ke tim provinsi ini adalah jenis sapi limosin dan simental perkawinan silang dari sapi Bali. Kalau dilihat dari kualitas antara dua sapi limousin dan simental sama saja, tinggal cara perawatannya hingga hari pemilihan itu nanti yang akan dilihat apakah sapi tersebut tetap bisa sehat dan bertambah bobot timbangannya atau justru sebaliknya,”jelasnya.

Samio pun berharap kepada petani karena masih ada sekitar 1 bulan. Maka, sapi yang masuk seleksi itu harus dirawat di perhatikan makanannya dan juga kesehatan yang terpenting karena itu juga salah satu poin penilaian.

Menurut Samio sapi kurban orang nomor 1 di Indonesia itu rencananya akan di sembelih di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), karena Polman sudah dua kali dan Mamuju juga sudah pernah. ” Semoga saja sapi dari Polman yang di pilih oleh presiden untuk sapi kurbannya, karena ini juga menjadi penyemangat petani untuk beternak,”tutup Samio.(win)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *