Gereja Katolik Paroki St Petrus Gelar Berbagai Kegiatan di HUT Ke-78

PAREPARE, KILASSULAWESI– Menyemarakkan hari ulang tahun ke 78, Gereja Katolik Paroki St Petrus Rasul Kota Parepare menggelar berbagai rangkaian kegiatan. Di antaranya jalan santai dengan beragam hadiah menarik doorprize, dan bakti kemanusiaan donor darah.

Kegiatan jalan santai dilaksanakan, Minggu, 30 Juni 2024, mulai pukul 06.00 Wita, dengan lokasi start dan finish di halaman gereja pusat. Kemudian bakti kemanusiaan donor darah dilakukan pada hari yang sama, pukul 08.00 Wita, di basement Gereja Paroki St Petrus Rasul, Jalan Veteran, Parepare.

Bagi masyarakat yang ingin turut serta mendonorkan darahnya, syaratnya antara lain, usia di atas 17 tahun, berat badan di atas 45 kg, sehat jasmani dan rohani, tidak konsumsi obat, dan Hb 12,5 gr%.

Koordinator Seksi Kesehatan HUT ke-78 Gereja Katolik Paroki St Petrus Rasul, Martha Iskandar berpesan tentang manfaat donor darah bagi tubuh manusia.

“Donor darah atau proses di mana kita menyumbangkan darah yang kita miliki untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Bahkan, dalam satu donasi darah yang kita lakukan, dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa,” ungkap Martha.

Dia mengemukakan, kegiatan donor darah sendiri juga merupakan salah satu cara untuk bisa memberikan harapan hidup kepada orang lain, sehingga dapat meningkatkan rasa kebersamaan.

“Selain bermanfaat untuk orang lain, manfaat donor darah juga dapat dirasakan oleh tubuh kita secara fisik maupun mental, di antaranya adalah, meminimalisir risiko penyakit jantung, dapat mengurangi kekentalan darah dalam tubuh, menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh, dan dapat menurunkan kadar oksidan di dalam tubuh dengan meningkatkan kandungan antioksidan,” ulas Martha.

Sementara manfaat donor darah secara mental, di antaranya mengurangi stres, mengurangi perasaan negatif, meningkatkan kesejahteraan emosi, dan menurunkan rasa terasingkan.

“Dengan melakukan donor darah secara rutin, secara tidak langsung kita juga bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Karena petugas akan melakukan pemeriksaan detak jantung, tekanan darah hingga tingkat HB (Hemoglobin) sebelum melakukan pengambilan darah,” ingat Martha.

Martha berharap, dengan berbagai manfaat donor darah itu mampu memberikan dorongan kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti program donor darah.

“Tidak harus di Unit Transfusi Darah (UTD), donor darah juga bisa dilakukan di berbagai tempat yang mengadakan program donor darah. Sehingga dapat memudahkan masyarakat yang ingin mengikuti program donor darah,” pesan Martha.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *