Ricuh Warnai Laga PSM Makassar Vs Dewa United di Gelora BJ Habibie

Aksi baku pukul antar sporter PSM Makassar di Stadion Gelora BJ Habibie

PAREPARE, KILASSULAWESI– Video berdurasi 0,45 detik menjadi bahan perbincangan dalam laga pekan kedua PSM Makassar kontra Dewa United di Stadion Gelora BJ Habibie, Kota Parepare, Sabtu, 8 Juni 2023, sore tadi.

Laga diwarnai kericuhan antara dua kelompok suporter PSM Makassar, sesaat setelah babak pertama tuntas. Nampak dalam video, pada tribun selatan aksi saling lempar air gelas hingga batu tak terelakkan.

Bacaan Lainnya

Data dari sejumlah sumber menyebut, keributan kelompok suporter CSM 1915 dan PSM Fans di tribun terbuka selatan. Akibatnya sejumlah suporter dan seorang anggota polisi mengalami luka pada kepala akibat lemparan batu tersebut. Sedangkan, sejumlah penonton lainnya tampak memanjat pagar pembatas tribun selatan untuk menyelamatkan diri.

Kapolres Parepare AKBP Andiko Wicaksono usai laga dikutip dari laman Katasulsel.com membenarkan adanya aksi saling lempar antara kedua kelompok suporter PSM Makassar.

“Seperti kita ketahui bersama, ditengah jalannya pertandingan memang sempat terjadi antara kedua kelompok suporter PSM Makassar,” katanya. Kapolres Parepare yang tidak lama lagi pindah bertugas ke Kabupaten Pinrang mengaku, memang sempat terjadi pelemparan batu.

Akan tetapi pihaknya masih mendalami pemicu kericuhan anatara kedua kelompok suporter itu. “Setelah dilakukan proses pendalaman antara kedua kelompok, empat orang berhasil kami amankan. Apabila nantinya terbukti, tentu kita proses secara hukum,” tegasnya.

Andiko kembali menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi atau ruang terhadap pelaku kekerasan sesuai kebijakan atau harapan dari Ketua PSSI, Erick Thohir dan Presiden, Joko Widodo.

PSM Makassar Kalah

PSM Makkasar kalah 1-2 dari Dewa United pada pekan kedua Liga 1 Indonesia 2023/2024. Kemenangan Dewa United atas PSM Makassar yang berstatus sebagai juara bertahan makin istimewa karena tercipta di Stadion Gelora B.J. Habibie (GBH) yang merupakan markas PSM. Selain itu, Dewa United yang finis di urutan buncit musim lalu mampu tampil lebih dominan.

Statistik laga menunjukkan, Dewa United sukses menguasai bola sebanyak 74 persen dan sempat melancarkan 9 total tembakan, yang empat di antaranya tepat sasaran. Namun, mereka sempat tertinggal lebih dulu sebelum akhirnya membalikkan keadaan pada pengujung laga.

PSM mampu unggul lebih dulu lewat gol Kenzo Nambo yang menyontek bola hasil sundulannya sendiri pada menit ke-19. Sebelumnya, Nambu mampu menyundul bola operan lambung Wiljan Pluim, tapi sempat ditepis kiper Dewa United Sonny Stevens. Setelah kedudukan 1-0 tidak berubah hingga turun minum, Dewa United baru memulai menyamakan kedudukan lewat gol Dimitris Kolovos yang menanduk umpan silang lambung Ady Setiawan pada menit ke-48.

Setelah itu, Erwin Gutawa kena kartu merah pada menit 90+1 yang membuat Dewa United tampil lebih leluasa. Gol penentu kemenangan Dewa United dicetak oleh Alex setelah menandukan umpan tarik Nasir pada menit 90+3. Tidak lama setelah gol itu tercipta, wasit pun meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan dengan skor 2-1 untuk kemenangan tim tamu.

Hasil laga membuat Dewa United berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 6 poin karena mereka sempat menaklukkan Arema FC pada pekan lalu. Sementara itu, PSM harus terima turun ke posisi 11 lantaran baru memiliki 1 poin dari hasil bermain imbang dengan Persija Jakarta pada pekan lalu.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *