Wamenparekraf: “Aquabike Jetski World Championship 2023” di Toba Berdampak Ekonomi Sektor Parekraf

SAMOSIR, KILASSULAWESI – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Baparekraf) Angela Tanoesoedibjo menyebutkan kompetisi jetski bertaraf internasional “Aquabike Jetski World Championship 2023” yang berlangsung di Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) memberikan dampak ekonomi yang nyata bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) juga masyarakat setempat.

Wamenparekraf Angela dalam keterangannya, usai menyaksikan pembukaan Aquabike World Championship 2023 di Waterfront City Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, Jumat, 24 November, lalu mengatakan, Aquabike menjadi salah satu dari sekian banyak event internasional yang diselenggarakan di Indonesia pada 2023.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya event seperti ini, pasti berdampak langsung kepada pelaku pariwisata di Danau Toba, termasuk pelaku industri hotel, homestay, restoran, dan lain sebagainya. Ini juga menjadi sarana promosi yang ampuh karena media di dunia meliput dan para atlet juga mempunyai follower yang banyak di sosial media,” kata Wamenparekraf Angela.

Berdasarkan data yang dihimpun Kemenparekraf untuk periode 22 – 26 November 2023 kamar yang sudah terbooking sebanyak 3.040. Adapun restoran dan penyewaan kendaraan juga banyak yang telah dipesan.

Berkat dukungan dari Pemerintah Daerah setempat Aquabike Jetski World Championship 2023 dimeriahkan dengan sederet kegiatan menarik mulai dari pertunjukan seni dan budaya, pameran UMKM, hingga konser musik yang menampilkan artis lokal dan artis ibu kota.

“Sehingga Aquabike ini menjadi gelaran pesta rakyat Danau Toba yang menjadi hiburan dan kebanggaan masyarakat,” ujar Angela.

Wamenparekraf Angela bersama Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyempatkan diri menonton race 1 dan race 2 Aquabike Jetski World Championship 2023 di Kabupaten Samosir yang dipadati ribuan penonton baik lokal maupun mancanegara.

Berlatar belakang jajaran bukit yang berselimut kabut dan suguhan atraksi budaya, penyelenggaraan Aquabike kali ini diharapkan mampu memikat para pengunjung yang hadir sehingga Danau Toba dapat menjadi salah satu tujuan utama wisatawan.

Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba digelar di empat kabupaten sekaligus yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir pada 22-26 November 2023. Acara itu diikuti lebih dari 100 pembalap internasional dari 20 negara serta 10 pembalap nasional.

Dalam Aquabike kali ini dipertandingkan seri endurance. Dimana penentuan pemenang bukan berdasarkan pembalap yang mencapai garis finish pertama, tetapi pembalap yang mampu bertahan melakukan race selama 35 menit dengan jumlah lap yang diraih para pembalap. Aquabike Jetski World Championship 2023 dimulai di Kabupaten Karo pada 22 November 2023 yang bertajuk Karo Cup.

Kemudian, Dairi Cup yang digelar di Kabupaten Dairi sehari setelahnya atau Kamis, 23 November 2023. Kemudian Samosir Cup pada 24 November 2023 di Kabupaten Samosir.

Setelah itu, para pembalap akan bertanding pada seri utama yakni Grand Prix Danau Toba 2023 yang digelar di Kota Balige, Kabupaten Toba pada 25-26 November 2023. Dalam seri ini, ada lima kategori yang dipertandingkan yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle, dan Parallel Slalom.

Turut hadir mendampingi Wamenparekraf, Direktur Pengembangan Destinasi I Kemenparekraf/Baparekraf, Sri Utari Widyastuti.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *