Kadar Zakat Fitrah Naik 12 Persen

POLMAN,KILASSULAWESI — Pemerintah Kabupaten Polman Sulawesi Barat menetapkan nilai kadar Zakat fitrah Ramadan 1445 Hijiriah tahun 2024. Penetapan kadar zakat fitrah tersebut berlangsung di pelataran Kantor Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) Polman yang dihadiri oleh beberapa elemen terkait diantaranya Pelaksana harian ( Plh) Sekda Polman Agusniah Hasan sulur, Kabag kesra Pemkab Polman, KTU Kemenag Polman, Ketua Majlis ulama Indonesia ( MUI) cabang Polman serta Para kepala KUA di wilayah kabupaten Polman dan Kabid perdagangan Disperindag Polman, Kamis, 7 Maret 2024.

Dalam pelaksanaan pengambilan keputusan nilai zakat berjalan alot lantaran para peserta rapat memberikan masukan bahwa kenaikan harga beras tidak merata di tiap kecamatan berdasarkan laporan pasar tradisional, oleh karena itu nilai kadar zakat ini akan ditentukan sesuai dengan harga beras di pasaran.

Bacaan Lainnya

Ketua Baznas Polman H.Nurrahman menyampaikan Ada enam item atau merek beras yang ditentukan nilai kadar zakatnya itu berpatokan dengan harga beras di pasar.

Seperti beras merah, beras 42, beras premium (beras kepala), beras medium (beras biasa), dan beras jagung.rincian besaran kadar zakat harga beras akan ditentukan per item sesuai keputusan forum “Jadi memang ada kenaikan sedikit dari setiap item, itu karena gejolak harga beras di pasar,” terang Nurrachman.

Ia juga menjelaskan laporan dari Kantor Urusan Agama (KUA) 16 kecamatan di Polman juga jadi pertimbangan. Setiap pegawai KUA melaporkan perbedaan harga beras di wilayahnya masing-masing. Kenaikan harga beras yang tidak seragam ini menjadi patokan dasar dalam penentuan kadar zakat.

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Polman Muhammad Syahid menyampaikan zakat fitrah ini sudah bisa dibayarkan saat masuk ramadan. Ia menyebut,di masa sekarang ini nilai sebuah zakat itu yang paling penting ialah manfaatnya. Dijelaskan masa yang sekarang ini zakat fitra yang paling bermanfaat adalah dalam bentuk uang.

Sementara kenaikan zakat di tahun ini, kata Said telah disederhanakan dan melihat dari berbagai aspek.

Berikut besaran zakat fitrah Ramadan 2024 di Polman:

  • – Beras merah, 3 kilogram (Kg) atau senilai Rp 50 ribu jiwa.
    – Beras 42, 3 Kg atau senilai Rp 45 ribu per jiwa.
    – Beras premium (beras kepala) 3 kg atau senilai Rp 40 ribu per jiwa.
    – Beras medium (beras biasa) 3 kg atau senilai Rp 35 ribu per jiwa.
    – Beras jagung 3 Kg atau senilai Rp 30 ribu per jiwa.                                      – Besaran Fidyah di tahun 2024 Rp 35 ribu per jiwa.

Jika masyarakat tidak mengkonsumsi dari poin satu sampai lima boleh memilih yang paling mendekati.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *