Syamsuddin A Hamid Raih 30.411 Suara di Pangkep, KPU Sulsel Terima Hasil Rekapitulasi 13 Daerah

H Syamsuddin A Hamid

PANGKEP, KILASSULAWESI– Dari hasil rapat pleno rekapitulasi KPU Pangkep atas hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024.  Mantan Bupati Pangkep dua periode, H Syamsuddin A Hamid menjadi peraih suara terbanyak di basisnya untuk Dapil Sulsel 2.

Mantan Ketua DPD II Golkar Pangkep tiga periode yang maju sebagai Caleg DPR RI dengan nomor urut 9, meraih 30.411 suara. Capaian tersebut merupakan raihan terbanyak diantara Caleg DPR RI lainnya.

Bacaan Lainnya

Disusul, Andi Amar Ma’ruf Sulaiman dari Partai Gerindra sebanyak 20.963 suara dan Devi Angriany dari Partai NasDem sebanyak 13.679 suara.

Dimana suara sah mencapai 193.057 suara, tidak sah sebanyak 12.391 suara dari total suara 205.448 yang tersebar di 13 kecamatan pada lima daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Pangkep.

” Dari lubuk hati yang paling dalam, terima kasih yang tulus saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Pangkep atas kepercayaan dan amanah yang telah diberikan kepada saya. Termasuk dari sejumlah daerah pemilihan di Dapil Sulsel 2,”singkat H Syamsuddin A Hamid, malam tadi.

Dari pantauan real count di laman Komisi Pemilihan Umum, Minggu, 3 Maret 2024. Dari progress 6.694 dari 9.258 TPS atau 72,31 persen, untuk Caleg DPR RI di Dapil Sulsel 2 pada internal Partai Golkar, H Syamsuddin A Hamid masih berada diposisi keempat dengan capaian 24.579 suara.

KPU Sulsel

Saat ini sedikitnya sudah 13 daerah di tingkat kabupaten/kota di Sulsel yang finalisasi rekapitulasi hasil pemilu yakni Pilpres dan Pileg 2024. Giliran, KPU Sulsel, akan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi di Phinisi Ballroom Hotel Claro.

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah mengatakan pihaknya masih menunggu 11 daerah yang sampai kemarin belum merampungkan pleno rekapitulasi. Batas waktu rekapitulasi di kabupatena kota sampai 5 Maret.

“KPU daerah akan melakukan pemaparan hasil rekapitulasi di daerah masing-masing. Sidrap yang paling pertama akan memaparkan karena paling cepat selesai,” kata Hasbullah, Minggu, 3 Maret 2024, dikutip dari laman rakyatsulsel.fajar.co.id.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sulsel Ahmad Adiwijaya mengutarakan, pihaknya telah menerima hasil rekapitulasi dari 13 daerah seperti Sidrap, Parepare, Bantaeng, Takalar, Selayar, Enrekang, Barru, Soppeng, Tana Toraja, Pinrang, Pangkep, dan Palopo, Luwu Utara.

Ahmad tidak menampik terdapat kendala-kendala, karena dinamika di lapangan berbeda-beda di setiap wilayah. “Mungkin proses rekapitulasi di tingkat kabupaten/ota yang butuh koreksi terhadap rekap tingkat kecamatan. Itu bagian dari mekanisme akuntabilitas untuk menjaga kemurnian suara rakyat yang disalurkan melalui TPS di tanggal 14 Februari,” imbuh dia.

Menurut dia, Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 mengamanahkan khususnya pada pasal 413, pelaksanaan rekapitulasi tingkat Provinsi itu berlangsung selama 25 hari, berarti berakhir di tanggal 10 sehingga kami pastikan Kabupaten/Kota ini akan masuk seluruhnya sebelum tanggal 10 Maret. “Kami memastikan semua daerah di Sulsel telah selesai menyetorkan hasil rekapitulasi hasil penghitungan suaranya per tanggal 5 Maret ini,” tutup Ahmad.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *