Setahun Seribu Triliun, JK Sebut Utang Pemerintahan Saat Ini Terbanyak

JAKARTA, KILASSULAWESI- Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla atau JK mengingatkan beratnya persoalan bangsa di masa yang akan datang. Sebelum persoalan tersebut makin membesar dan membahayakan bangsa, maka persoalan tersbeut harus diselesaikan.

Hal tersebut disampaikan oleh JK saat menghadiri milad ke 21 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Istora Senayan Jakarta, Sabtu, 20 Mei 2023. Menurut JK, salah satu persoalan yang akan dihadapi Indonesia adalah masalah utang. Bagi JK, berutang memang gampang tapi yang susah adalah membayar utang.

Bacaan Lainnya

“Kita diwariskan untuk membayar utang, tapi pahlawan yang sebenarnya adalah yang menyelesaikan persoalan dan pemberani yang sebenarnya adalah yang berani untuk tampil menyelesaikan persoalan bangsa ke depan,” tegas JK

Terkait dengan utang, JK menyebut jika utang Indonesia saat ini adalah gabungan antara utang pemerintahan sebelumnya dengan pemerintahan saat ini. Namun demikian, JK menegaskan, jika utang pemerintah saat ini adalah yang terbanyak.

“Setahun bayar hutang dan bunga sampai seribu triliun. Ini terbesar dalam sejarah Indonesia sejak merdeka,” tambah Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) tersebut.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu mengakui, jika UU membolehkan pemerintah melakukan utang 60 persen dari pendapatan nasional. Namun, JK tetap mengingatkan perlunya kehati-hatian terhadap peningkatan utang pemerintah.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *