Webinar ASN, Prof Zudan Tekankan Pentingnya Memperkuat NKRI

MAMUJU, KILASSULAWESI — Dinas Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulbar menggelar webinar ASN Kreatif via zoom, Selasa 27 Juni 2023.

Webinar kali ini membahas penguatan ASN dalam menjaga NKRI. Telah melibatkan sejumlah pemateri dari Lemhanas dan Kementerian dalam negeri.

Bacaan Lainnya

Pj Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan salah satu upaya memperkuat NKRI adalah menjadikan Korpri sebagai satu-satunya organisasi yang menghimpun ASN, serta menolak terbentuknya organisasi lain yang bisa memicu perpecahan di lingkup ASN.

Pada kesempatan itu, Zudan yang juga Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional ini juga mengurai sejarah pecahnya negara India (India-Pakistan) karena perbedaan agama, Lalu disusul pecahnya Pakistan (Pakistan-Bangladesh) karena perbedaan suku.

“Ini menjadi pembelajaran penting bagi kita karena Indonesia banyak agamanya, ada penghayat kepercayaan tuhan yang maha esa. Suku-sukunya ribuan. Tapi Alhamdulillah kita tetap masih bisa menjaga keutuhan NKRI walaupun banyak agama dan suku berbeda,” ujar Zudan.

Olehnya, Zudan menekankan kepada setiap ASN agar lebih berhati-hati dalam mengeluarkan kebijakan. Sebab kadang sebuah kebijakan terlihat revolusioner namun ujungan justru menjadi pemicu perpecahan.

“Mari kita jaga negara kita, kutuhan bangsa dengan melihat berbagai praktek-praktek di dunia yang pernah terjadi,” pungkasnya.

Bagi Zudan, dalam memperkuat NKRI maka kedepan ASN harus mampu melahirkan program yang betul-betul sampai ke masyarakat dan berdampak positif. “Ini kita bisa lakukan kalau NKRI ini terjaga,” tutup Zudan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *