Lomba Pidato HUT kemerdekaan Diwarnai Protes Peserta

POLMAN,KILASSULAWESI — Dalam menyemarakkan HUT Republik Indonesia ke 78 tahun, Pemkab Polewali Mandar mengelar berbagai kegiatan. Salah satunya lomba pidato kemerdekaan yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Polman. Lomba pidato ini digelar di lobi kantor Bupati Polman, Selasa 8 Agustus.

Peserta lomba terdiri dari beberapa unsur masyarakat yakni pelajar, masyarakat umum, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan wartawan yang ada di Polman. Bertindak sebagai juri yakni mantan Kepala Bappeda Polman Kallang Marzuki dan Darwin Badaruddin serta mantan Kepala Disdukcapil Polman Burhanuddin Nonji.

Bacaan Lainnya

Hanya saja dalam lomba ini diwarnai protes oleh peserta. Karena panitia dinilai tidak profesional saat mengumumkan hasil lomba. Salah satu peserta lomba, Syukur menilai panitia lomba tidak profesional karena yang disebutkan dewan juri untuk harapan III adalah peserta nomor 16 kategori LSM dan wartawan. Tapi kemudian setelah penerimaan hadiah malah nomor 14 yang naik.

“Setahu saya yang punya hak menentukan pemenang adalah dewan juri. Sementara disampaikan oleh MC pemenang harapan III malah peserta nomor 14. Ini menggambarkan panitia tidak profesional,’ jelas Syukur.

Sementara panitia lomba pidato, Marjani menyampaikan, lomba ini dilaksanakan untuk menyemarakkan HUT RI ke78 tahun sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang sudah dicapai diperjuangkan oleh para pendiri bangsa.

“Lomba yang kita laksanakan ini adalah salah satu bagian mengisi kemerdekaan yakni bergembira menyambut HUT kemerdekaan,” ujar Marjani.

Ia mengaku sedikit kecewa karena peserta yang ikut serta jumlahnya kurang banyak. Kemudian terkait protes peserta dengan dugaan kekeliruan pihak panitia. Marjani mengatakan bahwa hal itu adalah kekurangan selaku panitia.

“Harusnya ini memang diklarifikasi lewat podium tapi penyerahan hadiah sudah mepet sehingga tidak sempat dilakukan klarifikasi,” jelasnya.

Ia berjanji hal ini akan menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan lomba kedepannya.(Ar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *