Prof Andalan Terima Remisi Bebas di HUT Kemerdekaan RI ke-78

JAKARTA, KILASSULAWESI– Mantan Gubernur Sulsel yang juga mantan Bupati Bantaeng dua periode, Nurdin Abdullah akan menerima remisi di HUT Kemerdekaan RI ke 78. Terpidana kasusĀ  suap dan gratifkasi itu telah memenuhi syarat sesuai ketentuan UU tentang pemasyarakatan. Prof Nurdin Abdullah diketahui saat ini masih mendekam di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Kabar tersebut dibenarkan kerabat Nurdin Abdullah, Anzar atas remisi karena telah berkelakuan baik selama di lembaga pemasyarakatan. “Alhamdulillah, bulan ini bapak bebas dan mendapat remisi kelakuan paling baik,” tulisnya di akun media sosialnya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Aturan soal kelakuan baik tertuang dalam pasal UU 10 Nomor 22 tahun 2022 tentang pemasyarakatan. Di aturan itu disebutkan salah satu syarat narapidana mendapat remisi adalah berkelakuan baik.

Seperti diketahui, Majelis Hakim Tipikor Pengadilan Negeri Makassar menjatuhkan vonis 5 tahun penjara kepada Nurdin Abdullah karena dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi, menerima suap dan gratifikasi untuk kepentingan pribadi.

Pria dengan tagline Prof Andalan dianggap terbukti melakukan tindak pidana korupsi, yakni menerima suap total sekitar Rp 13,812 miliar. Di antaranya senilai 150 ribu dolar Singapura atau sekitar Rp 1,596 miliar dan Rp 2,5 miliar. Kemudian menerima gratifikasi Rp 7,587 miliar dan 200 ribu dolar Singapura.

Selain pidana penjara selama 5 tahun, Nurdin juga divonis denda sebesar Rp 500 juta rupiah dan pidana tambahan uang pengganti sebesar Rp 2.187.000.000. Hakim juga memutuskan pencabutan hak politik untuk dipilih dalam hak politik selama 3 tahun. Vonis yang diterima Nurdin setahun lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK yang menuntut enam tahun penjara.(*)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *