Tips Menonton Konser agar Berjalan Lancar, Aman, dan Nyaman

Tahun 2023 dipenuhi dengan deretan musisi mancanegara yang mengantre manggung di Indonesia. Termasuk salah satunya Coldplay yang telah menyapa fans Indonesia pada 15 November 2023 lalu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Apakah Sobat Parekraf termasuk salah satu penggemar beruntung yang menonton konser Coldplay di GBK?

Banyak fans Coldplay yang tidak sabar menonton konser musik secara langsung. Wajar saja, karena menonton konser offline terasa jauh lebih seru dibandingkan streaming. Belum lagi, menonton konser membuat hati berdebar, perasaan lebih bahagia, dan menciptakan memori indah yang tak terlupakan karena berkesempatan bertemu idola secara langsung.

Bacaan Lainnya

Meski menonton konser musik menjadi aktivitas seru yang banyak dinantikan penggemar musik. Tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan menonton konser musik offline. Setidaknya Sobat Parekraf harus memahami safety procedure, dan mematuhi do’s and don’ts saat menonton konser musik.

Lebih lengkapnya, berikut tips menonton konser musik yang perlu diperhatikan:

Kenali venue konser

Setiap konser musik memiliki beberapa kelas atau kategori tiket. Biasanya, setiap kategori memiliki gate yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerumunan antar penonton dari setiap kategori tiket. Sayangnya, tidak sedikit penonton yang tersesat karena kurang memahami denah lokasi konser.

Itu mengapa, tips yang penting diperhatikan saat menonton konser adalah mengenali venue atau lokasi konser. Coba perhatikan denah yang dikeluarkan panitia untuk melihat lokasi gate atau pintu masuk, pintu keluar, titik kumpul, maupun lokasi toilet umum.

Datang lebih awal

Tips menonton konser berikutnya dengan datang lebih awal atau sebelum open gate. Tidak perlu sampai menginap atau bahkan berkemah di depan venue, Sobat Parekraf cukup meluangkan waktu minimal 2 jam lebih awal dari jadwal konser berlangsung.

Datang lebih awal bertujuan agar kita bisa mendapatkan antrean masuk venue lebih dulu, mendapatkan spot terbaik buat menonton konser, dan berfoto-foto lebih leluasa. Bahkan, kalau beruntung Sobat Parekraf berkesempatan bertemu idola yang bakal manggung.

Antre dan tidak saling dorong

Karena terlalu excited, tidak jarang ditemukan kasus penggemar yang saling dorong saat masuk venue konser. Akibatnya, banyak penonton lain yang merasa tidak nyaman, dan membuat suasana tidak kondusif. Parahnya, oknum yang rusuh saat konser bisa ditangkap oleh pihak keamanan, dan berisiko gagal menonton konser idola.

Patuhi aturan menonton konser

Demi menjaga kenyamanan dan kelancaran konser, setiap penyelenggara biasanya memiliki sejumlah aturan yang berlaku selama event berlangsung. Itu artinya, sebagai penonton sudah seharusnya Sobat Parekraf memahami dan mematuhi do’s and don’ts menonton konser yang berlaku.

Aturan paling sederhana yang wajib ditaati saat menonton konser adalah menjaga kebersihan lingkungan di sekitar lokasi dengan tidak membuang sampah sembarangan. Lalu, perhatikan barang-barang apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa saat konser, menjaga sikap saat konser berlangsung, serta mematuhi aturan terkait pengambilan gambar.

Gunakan pakaian yang nyaman

Layaknya olahraga, menonton konser musik offline membuat tubuh terasa panas dan berkeringat. Hal ini tentu saja karena alunan musik saat konser mendorong kita untuk lebih aktif bergerak mengikuti irama lagu. Supaya pengalaman menonton konser lebih all-out, disarankan menggunakan pakaian yang nyaman saat ngonser.

Bagi perempuan, alih-alih menggunakan heels, disarankan memakai sneakers dan pakaian yang memudahkan Sobat Parekraf bergerak. Dengan begitu, kita bisa melompat, menari, dan melakukan berbagai gerakan dengan nyaman.

Nikmati momen

Menikmati setiap momen dari awal hingga akhir turut menjadi satu tips menonton konser musik yang tidak boleh dilewatkan. Boleh saja mengambil foto dan video, namun disarankan untuk tidak berlebihan dan terlalu sering. Karena membuat pengalaman nonton konser terasa kurang maksimal dan bisa menghalangi pandangan penonton lain.

Bagaimana, sudah siap menonton konser musik idola dengan bijak dan tertib, Sob?

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *