Pertamina Luncurkan UMK Academy di Sulawesi : 140 Pelaku Usaha Siap Naik Kelas

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw

MAKASSAR, KILASSULAWESI – PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi bersama Rumah BUMN Pertamina di Sulawesi melakukan kick off pelaksanaan kegiatan UMK Academy Pertamina Tahun 2024 skala Regional Sulawesi secara daring, Kamis, 6 Juni 2024.

Kegiatan UMK Academy ini diadakan dengan tujuan untuk mendukung pengembangan usaha mikro dan kecil di wilayah Sulawesi yang sejalan dengan komitmen Pertamina dalam memberdayakan ekonomi lokal melalui program yang berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan tahun ini, sebanyak 140 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi telah berhasil lolos seleksi dan bergabung dalam UMK Academy. Mereka akan mendapatkan pelatihan intensif dan bimbingan langsung dari para ahli di berbagai bidang, termasuk pemasaran, manajemen keuangan, inovasi produk dan teknologi digital.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan tahun ini UMK Academy Pertamina mengusung tagline Beri Energi Baru, Menuju UMK Maju yang diharapkan Pertamina sebagai penyelenggara mampu memberikan dan menyalurkan energi positif bagi para Pelaku UMK agar UMK bisa semakin maju dan naik kelas.

“Kami sangat antusias meluncurkan UMK Academy Pertamina 2024 di Sulawesi. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk mendorong UMKM di wilayah ini agar dapat naik kelas. Kami berupaya dan berharap melalui program ini, kami dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi para pelaku usaha lokal. Sehingga melalui UMK Academy, para peserta dapat mengembangkan keterampilan mereka, mengakses peluang pasar yang lebih luas, dan menciptakan inovasi yang berkelanjutan,” tambahnya.

Lebih lanjut Fahrougi mengatakan Program UMK Academy Pertamina pada tahun ini akan diselenggarakan 2 fase yaitu skala Regional dan skala Nasional. “Kegiatan UMK Academy Pertamina ini nantinya akan hadir dengan berbagai program pelatihan dan pendampingan yang dirancang khusus untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para pelaku UMK baik untuk Mitra Binaan Pertamina maupun tahun ini juga dibuka untuk umum,” ujarnya.

Dengan pelaksanaan UMK Academy Pertamina 2024 ini menunjukkan komitmen Pertamina untuk terus memberikan dukungan kepada UMKM dan menjadi mitra yang andal dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Kami berharap para peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk meningkatkan daya saing usaha mereka. Kami juga berharap dapat terus mendukung UMKM di Sulawesi melalui program-program lanjutan yang membantu mereka mencapai kemandirian ekonomi dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Nur Fadhillah, pemilik usaha frozen food udang tempura dari Tojo Una Una, menyatakan antusiasmenya dalam mengikuti UMK Academy ini. “Bergabung dengan UMK Academy Pertamina diharapkan memberikan saya banyak wawasan baru tentang strategi pemasaran digital. Saya berharap dapat mengembangkan usaha saya dan berharap bisa menembus pasar yang lebih besar,” ujarnya.

Senada, Amir, pengusaha minuman kemasan sari kedelai dari Gorontalo, mengatakan dengan adanya akademi pelatihan seperti ini, pelaku UMK menjadi terbuka ruangnya untuk saling berjejaring dan semangat dalam mengembangkan usahanya. “Pelatihan dan mentoring adalah yang paling dibutuhkan oleh kami pelaku usaha mikro dan kecil. Terima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan kesempatan ini, saya yakin dan berharap usaha saya akan semakin berkembang,” tuturnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *