Manfaatkan SDA untuk Kualitas Anak Didik di Balocci

Kepala SDN 6 Bulu-bulu, Dahlia, S.Pd.,

PANGKEP KILASSULAWESI- SDN 6 Bulu-bulu yang terletak di wilayah Desa Tompo bulu adalah satu satunya Desa Yang Berada di Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene dan kepulauan, berada dalam gugusan batu karst terbesar kedua dunia setelah cina. Menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Desa dengan segudang potensi Wisata seperti Wisata Pendakian Bulusaraung yang iconik yang menjadi 7 site wisata andalan taman nasional bantimurung.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Dahlia,S.Pd, sosok Kepala SDN 6 Bulu-bulu untuk bisa mengembangkan Potensi yang dimiliki dilingkungan sekolahnya, dengan jumlah siswa 89 orang di tahun ajaran 2023-2024 dan tahun ini berhasil menamatkan 17 siswa.

“Program kami disekolah ini selain program P5 ( Program penguatan profil pelajar pancasila) juga bagimana mengolah sumber daya Alam dilingkungan sekolah dengan pemanfaatan pekarangan sekolah dengan berbagai tanaman baik sayur-sayuran maupun tanaman hias” ujar Dahlia,S.Pd. yang sudah mengabdi sejak tahun 2017 di sekolah yang Asri ini

Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep mengapresiasi langkah kreatif Kepala Sekolah SDN 6 Bulu-bulu kecamatan Balocci yang memanfaatkan pekarangan sekolah untuk menanam cabai, tomat dan tanaman hortikultura lainnya.

“Tentu ini patut ditiru oleh sekolah-sekolah lainnya yang memiliki pekarangan, agar terus bersemangat dan aktif melakukan budidaya tanaman hortikultura,” ucap Sekertaris Disdikbud Kabupaten Pangkep Drs. H. Amiruddin,M.Pd

Budidaya tanaman hortikultura di pekarangan sekolah ini tentu tidak mudah dilaksanakan secara berkelanjutan. Perlu kesungguhan, niat yang tulus serta keuletan yang harus ditanamkan oleh para warga sekolah. Namun barang siapa yang bekerja dengan sungguh-sungguh akan memperoleh hasilnya. (* )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *