Aksi Emak-emak Blokir Jalan Andi Sapada Berakhir, Bina Marga Janjikan Pengaspalan

Satpol PP bersama sejumlah aparat kepolisian membersihkan badan jalan dari pot, batu hingga tong sampah di Jalan Andi Sapada

PAREPARE, KILASSULAWESI– Aksi tutup dan blokir jalan yang dilakukan emak-emak di Jalan Andi Sapada, berakhir sekitar pukul 23.30 Wita. Tutup jalan yang dilakukan secara sepontan, setelah salah satu emak-emak di daerah tersebut jatuh akibat jalan yang selama ini berlubang.

” Kecelakaan disini hampir tiap hari, dan itu kebanyakan pelajar dan mahasiswa. Mau dilaporkan ke pihak polisi, takutnya mereka juga melanggar karena tak miliki izin berkendara,” kata Ny Waty warga setempat.

Bacaan Lainnya

Wati pun heran dengan kondisi pembiaran yang terjadi, pada hal anggarannya tiap tahun ada. “Pak Wali Kota mau mie habis masa jabatannya. Jalan ini tak sekalipun jadi perhatian. Walaupun biasa jie juga nalalui, dengan kondisi jalan berlubang,” katanya.

Aksi malam hari tersebut pun mengundang perhatian, sejumlah netizen di media sosial menyikapi kondisi Jalan Andi Sapada. “Mungkin nama jalan perlu diganti, jangan pakai nama Andi Sapada. Gunakan nama lain,”beber salah satu netizen.

Pemblokiran jalan yang dilakukan emak-emak tersebut dengan menyimpan pot-pot bunga dan tempat sampah ditengah jalan berakhir. Itu setelah perwakilan Dinas PUPR datang menemui emak-emak tersebut.

Bahkan, sebelumnya baik aparat kepolisian hingga Satpol PP yang melakukan mediasi agar aksi dihentikan ditolak. ” Jalan Andi Sapada akan segera diperbaiki, anggarannya ada Rp 6 miliar. Saat ini lagi berproses dan butuh waktu sekitar dua minggu,”ujar Kabid Bina Marga, Widin Wijaya, dihadapan emak-emak.

Widin mengaku, perbaikan Jalan Andi Sapada menggunakan dana alokasi umum (DAU), bukan APBN. ” Jadi pengaspalan jalan ini, paling lambat 15 September 2023 sudah mulai dikerjakan dengan beberapa titik jalan lainnya,” tutupnya. Usai mendapat penjelasan dan janji tersebut, emak-emak akhirnya bubar dengan teratur dan pot bunga hingga tong sampah yang memenuhi badan jalan dibersihkan dengan bantuan anggota Satpol PP dan aparat kepolisian serta beberapa personel Brimob.(*)

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *