NGO Lingkungan akan Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 78, IRG: Libatkan Tukang Becak dan Buruh Pelabuhan

Ketua LSM Lingkar Hijau Iqbal Rahim Gani

PAREPARE, KILASSULAWESI– Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lingkar Hijau yang fokus akan lingkungan akan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di Lapangan Tennis PELTI, Jalan Sultan Hasanuddin, Kota Parepare, Kamis, 17 Agustus 2023.

Agenda tersebut merupakan wujud atas semangat dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke -78. Dan LSM Lingkar Hijau menjadi satu-satunya NGO di Kota Parepare yang sadar akan perjuangan para pendahulunya merebut kemerdekaan.

Bacaan Lainnya

Uniknya, agenda kegiatan tersebut akan melibatkan buruh, tukang becak, tukang ojek sebagai peserta upacara. Hal itu dipaparkan Ketua LSM Lingkar Hijau Iqbal Rahim Gani dengan akronim IRG terkait agenda kegiatannya dalam memperingati
upacara detik-detik proklamasi.

IRG pun memastikan bahwa peserta upacara akan menggunakan seragam yang sama. “Kami ingin mengajak para buruh dan tukang becak ini agar mereka juga bisa merasakan bagaimana upacara kemerdekaan Indonesia dirayakan setiap 17 Agustus. Karena mereka inilah yang mungkin tidak pernah merasakan semangatnya upacara menyambut HUT kemerdekaan,” kata IRG.

Sebanyak kurang lebih puluhan peserta akan dilibatkan dalam upacara HUT Kemerdekaan RI tersebut. “Sama dengan upacara bendera lazimnya, ada pembacaan teks proklamasi dan pembacaan doa, dan itu melibatkan perwakilan peserta upacara baik dari tukang becak, bentor maupun buruh pelabuhan,” kata Ikbal.

IRG berharap kegiatan ini mendapat sambutan positif dari seluruh masyarakat sebagai pesan bahwa jiwa patriotisme dan nasionalisme terhadap NKRI ada dalam diri setiap warga negara. “Itulah pesan yang ingin kami sampaikan, bahwa seluruh lapisan masyarakat harus memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme terhadap NKRI,” ujarnya.

Seusai upacara, IRG akan menjamu para peserta dengan segelas kopi di warkop 588 sambil meresapi semangat dan indahnya kemerdekaan.

Makna Logo HUT Kemerdekaan RI Ke 78

Dilansir dari website resmi Sekretariat Kabinet, Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyosialisasikan tema dan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023. Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI adalah perpaduan angka tujuh yang berwarna merah solid dan angka delapan yang terbentuk dari lima garis berwarna merah serta tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

“Ini adalah logo yang dipilih oleh Bapak Presiden,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dalam sosialisasi yang, antara lain, dihadiri oleh perwakilan kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah.

Kesatuan logo HUT RI Ke-78 tersebut mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan serta bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, serta bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Heru yang juga merupakan Ketua Pelaksana Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI meminta kepada seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk menggencarkan penggunaan logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI di berbagai media yang dimiliki. (*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *