Fokus 8 Program, Akbar Ali Warning ASN ‘Cawe-cawe’ di Pemilu 2024

Penjabat Wali Kota Parepare, DR Akbar Ali MSi

PAREPARE, KILASSULAWESI– Penjabat Wali Kota Parepare, DR Akbar Ali MSi saat menyampaikan sambutan perdananya dihadapan ASN Pemkot Parepare, Rabu, 1 November 2023 menegaskan, yang berkenaan dengan tugas dan fungsinya sebagai penjabat.

Bertempat di Auditorium BJ Habibie, Akbar Ali yang juga merupakan Direktur Kewaspadaan Nasional Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri menyampaikan, dirinya memiliki kewenangan yang hampir sama dengan kepala daerah definitif. Kecuali dalam hal-hal tertentu, tapi harus ada izin Kemendagri.

Bacaan Lainnya

Sebagai penjabat Wali Kota, ia mampu melakukan rotasi dan mutasi kepada pejabat dilingkup Pemkot Parepare. Namun, saat ini dirinya belum bisa memastikan apakah dalam waktu dekat akan melakukan rotasi dan mutasi. “Nantilah kita lihatlah,”katanya. Ada beberapa parameter yang menjadi ukuran seorang pejabat melakukan mutasi, baik kepangkatan, pendidikan, kinerja, dan sebagainya.

Untuk saat ini, lanjut Akbar Ali, dirinya ingin fokus menjalankan delapan program prioritas Ok Gubernur Sulsel. Target saya sudah kongkrit. Mengkongkritkan apa yang menjadi program prioritas Gubernur.

Baik itu stunting, pengendalian inflasi, maupun netralitas ASN, kesiapan anggaran pemilu. “Dalam menghadapi Pemilu 2024, saya tegaskan tidak boleh ada ASN yang ikut terlibat langsung atau mengintervensi, diluar dari kewenangan penyelenggara pemilu itu sendiri,”ujarnya.

Akbar Ali meminta ASN tidak terlibat dalam politik praktis selama proses pemilu 2024. “Jangan pernah cawe-cawe terkait urusan-urusan politik praktis. Baik secara langsung maupun melalui media sosial,” tegasnya.

ASN harus netral, jangan turut mengkampanyekan paslon maupun berkiblat pada parpol manapun pada Pemilu 2024. “Saya akan turut memonitoring terkait netralitas ASN selama menjabat sebagai Penjabat Wali Kota Parepare. Tindakan tegas, sesuai aturan akan saya terapkan bila ada ASN ketahuan,”tutupnya.(*)

Delapan Program Prioritas PJ Gubernur Sulsel:

1. Menyukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 berlangsung secara luber, jurdil, lancar, aman dan damai.
2. Pengendalian inflasi.
3. Penanganan stunting dan gizi buruk.
4. Pengentasan kemiskinan ekstrem.
5. Ketahanan dan kedaulatan pangan
6. Kemudahan pelayanan publik dan investasi.
7. Sinergi program prioritas Nasional dan Daerah.
8. Stabilitas keamanan, ketentraman, dan ketertiban umum.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *