RSUD Andi Makkasau Menyerukan Masyarakat Bergerak, Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar

PAREPARE, KILASSULAWESI– Dalam  rangka Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang diperingati pada tanggal 26 Juni setiap tahunnya. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare menyerukan untuk bergerak bersama melawan Narkoba mewujudkan Indonesia Bersinar.

Peringatan HANI Tahun 2024 yang digelar sebagai bentuk keprihatinan terhadap permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang cenderung meningkat setiap tahunnya ini, juga dimaknai sebagai momentum untuk berkontemplasi terhadap berbagai kebijakan dan langkah penanganan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang telah dilakukan selama ini, baik dalam lingkup nasional maupun global.

Bacaan Lainnya

Data global saat ini menunjukkan bahwa penyalahguna narkotika telah mencapai angka 296 juta jiwa, naik sebesar 12 juta jiwa jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Angka ini mewakili 5,8% penduduk dunia yang berusia 15-64 tahun. Sedangkan hasil survei nasional prevalensi penyalahgunaan narkotika tahun 2023 menunjukkan bahwa angka prevalensi sebesar 1,73% atau setara dengan 3,3 juta penduduk Indonesia yang berusia 15-64 tahun. Data ini juga menunjukkan adanya peningkatan penyalahgunaan narkotika secara signifikan pada kalangan kelompok umur 15-24 tahun.

Mengusung tema global HANI 2024 ” Masyarakat Bergerak Bersama Melawan Narkoba untuk Mewujudkan Indonesia Bersinar” merupakan seruan kepada seluruh elemen bangsa Indonesia untuk selalu mewaspadai, menguatkan kesadaran dan komitmen serta keberanian untuk bergerak melawan segala bentuk kejahatan narkotika.  Jajaran RSUD Andi Makkasau mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama menjaga komitmen dalam kebersamaan melawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika khususnya di Kota Parepare.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *