IAIN Parepare Minta Dukungan Pemkot, Rektor: UIN KH Abdul Rahman Ambo Dalle

PAREPARE, KILASSULAWESI– Demi mewujudkan perubahan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare untuk beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdul Rahman Ambo Dalle. Rektor IAIN Parepare, Dr H Hannani, menemui Walikota Parepare, Dr H Taufan Pawe di ruang kerjanya yang dihadiri sejumlah pejabat Pemerintah Kota Parepare dan rombongan dari IAIN Parepare, Kamis, 3 Agustus 2023.

Rektor IAIN kelahiran Pangkep yang akrab disapa Kyai Hannani melaporkan rencana perubahan bentuk IAIN Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) kepada Walikota. “Kami sedang mengusulkan perubahan bentuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) kepada Menteri Agama”, paparnya.

Bacaan Lainnya

Pengusulan tersebut, lanjut Kyai Hannani, agar mendapat dukungan Pemkot dan juga pemerintah daerah lainnya untuk perubahan bentuk IAIN Parepare menjadi UIN. Bentuk dukungan pemerintah daerah, tentu saja bukan sekedar formalitas semata tetapi menjadi bagian tanggung jawab bersama dalam pembangunan bidang pendidikan.

Rektor IAIN itu juga menyampaikan penggunaan nama Anregurutta KH Abdul Rahman Ambo Dalle sebagai nama baru IAIN setelah berubah menjadi UIN. “Kami menyematkan nama Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle sebagai nama baru UIN nantinya,” katanya.

Nama Anregurutta KH Abdul Rahman Ambo Dalle adalah orang yang paling berjasa atas berdirinya IAIN di Kota Parepare. “Nama Anregurutta KH Abdul Rahman Ambo Dalle kami pilih sebagai nama baru untuk UIN nantinya, karena beliau termasuk orang yang sangat berjasa”, jelasnya.

Kampus ini tidak lepas dari kontribusi gurutta pada awal pendiriannya, hingga hari ini dapat berkembang dengan pesat dan dinikmati oleh umat Islam sebagai perguruan tinggi Islam di wilayah Ajatappareng ini. “Awal berdirinya, dimulai ketika anregurutta Ambo Dalle menyetujui Fakultas Tarbiyah Universitas DDI melebur (filial) dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin Ujung Pandang dan menggunakan fasilitas DDI dalam operasionalnya,”jelasnya.

” Dengan alasan itu, kami menilai gurutta menjadi peletak pertama pendirian perguruan tinggi ini, sehingga dengan demikian layak diabadikan namanya,”tambahnya.

Pada pertemuan itu, Walikota Parepare mengapresiasi dan merespon dengan antusias penyampaian Rektor IAIN Parepare. “Kami dan khususnya pemerintah kota Parepare menyambut dan mendukung perubahan IAIN Parepare menjadi Universitas Negeri Islam (UIN). Apalagi, IAIN adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Parepare,” kata Taufan Pawe dihadap rektor dan rombongannya.

“Hanya ada 2 Perguruan Tinggi Negeri di Parepare, yaitu ITH dan IAIN. Kami sangat mendukung IAIN berubah bentuk menjadi Universitas. Tentu saja, IAIN akan kami unggulkan dan prioritaskan karena statusnya sebagai perguruan tinggi negeri. Kami akan segera membuatkan pernyataan dukungan,” tegasnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *