Kalla Group Beri Bantuan Pembangunan Jalan dan Jembatan Senilai Rp 350 Miliar ke Pemprov Sulbar

Perusahaan Kalla Group memberi bantuan Pembangunan jalan dan jembatan senilai 350 Miliar kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

JAKARTA, KILASSULAWESI– PT. Hadji Kalla yang bernaung di bawah bendera Perusahaan Kalla Group memberi bantuan Pembangunan jalan dan jembatan senilai 350 Miliar kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Dengan Panjang jalan 105 Kilometer diharapkan jalan tersebut dapat membantu peningkatan perekonomian masyarakat di Sulawesi Barat, selain akan digunakan oleh Kalla Group untuk akses proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air di daerah Karama Sulawesi Barat.

Bacaan Lainnya

“Kami akan membangun jalan 100 KM untuk kebutuhan proyek Pembangunan PLTA untuk mengangkut turbin seberat 100 ton tapi jalan itu juga boleh digunakan untuk masyarakat lokal untuk kegiatan ekonomi mereka juga Perusahaan daerah,” ujar Founder Kalla Group, Jusuf Kalla (JK) saat Pemberian bantuan ini melalui penandatanganan kesepakatan serta perjanjian kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dengan PT Hadji Kalla di Jakarta,di Kantor Holding Kalla Group Gedung Cyber 2 Jl. HR. Rasuna Said Jakarta Selatan, Rabu 06 Februari 2024.

JK berharap Pembangunan jalan sepanjang 105 Km dan 24 jembatan ini akan membuka akses masyarakat yang selama ini ter-isolir terutama yang berada di daerah pegunungan. Mengingat untuk membangun PLTA harus di gunung karena dekat dengan sumber air dengan kriteria sesuai yang dibutuhkan PLTA.

“(Pembangunan) ini terletak di Mamuju Utara khususnya di daerah Sulawesi Barat yang selama ini terisolir, sekarang dengan jalan sekitar 105 km nanti itu terbuka dengan 24 jembatan dan pembangunan ini dilakukan di daerah pegunungan, karena PLTA berbeda dengan PLTU dan PLTD yang bisa dibangun di mana saja. Kalau PLTA harus kita bangun di pegununungan karena di situ ada sumber air yang deras yang dibutuhkan PLTA” kata JK.

Sementara itu, PJ Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa kegiatan dari PT Hadji Kalla tersebut sudah berlangsung kurang lebih 15 tahun lalu, diawali dengan membuka jalan dan jembatan di Mamuju, Sulawesi Barat. ” Total panjang jalan 105 km, ini total panjang jalan nanti yang akan dibangun, dan kurang lebih 24 jembatan. Sebanyak 12 jembatan sudah selesai dan dipakai oleh masyarakat,” kata Zudan.

Zudan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada JK terkait bantuan pembangunan jalan dan jembatan. “Terima kasih Bapak JK. Saya sebagai masyarakat Sulawesi Barat sangat gembira terkait kemajuan pembangunan PLTA Tumbuan di Karama, Kabupaten Mamuju di bawah PT Hadji Kalla, ini diharapkan mampu menggerakkan perekonomian Sulawesi Barat,” kata Zudan.

Menurut dia, Sulawesi Barat bertumbuh dari pertanian, industri pengolahan terutama makanan dan minuman, serta perdagangan. “Ini membutuhkan akses infrastruktur jalan dan jembatan sehingga hasil-hasil pertanian yang di gunung kemudian di Kalumpang mudah dibawa ke kota ke Mamuju, ke Majene, Mamuju Tengah dan sekitarnya,” kata Zudan.

Pembangunan jalan dan jembatan ini tentunya dapat meningkatkan konektivitas melalui pemangkasan waktu perjalanan.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *