Pemkot Parepare Kucurkan Dana Hibah Uang, Nilainya Miliaran di APBD TA 2023

Ilustrasi.

PAREPARE, KILASSULAWESI– Pemerintah Kota Parepare dalam APBD TA 2023 mengalokasikan dana hibah yang bernilai miliaran rupiah. Alokasi dana hibah berupa uang tersebut sebahagian besar berada disejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tercatat ada lima OPD yang menggelontorkan alokasi dana hibah berupa uang, diantaranya Sekretariat Daerah Kota (Setdako), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Bacaan Lainnya

Dari lima OPD tersebut, Disporapar mengalokasikan dana hibah berupa uang yang nilainya mencapai Rp 1,5 miliar lebih. Selanjutnya, Disdikbud sebesar Rp 1,9 miliar lebih, Kesbangpol sebesar Rp 1,2 miliar lebih, Setdako Rp 945 juta dan Dinsos sebesar Rp 50 juta. Besaran alokasi dana hibah berupa uang untuk TA 2023 mencapai Rp 6,1 miliar.

Menyikapi alokasi dana hibah berupa uang tersebut, Ketua LSM Laskar Indonesia Kota Parepare, Sofyan Muhammad menuturkan, seharusnya tiap tahun sangat diperlukan keterbukaan terhadap publik realisasi alokasi penyaluran dana hibah dari Pemkot Parepare agar tidak menjadi isu liar.

Keterbukaan pihak eksekutif untuk menyampaikan laporan transparansi penyaluran dana hibahnya. Tujuannya, kata Sofyan, agar keingintahuan publik akan aliran dana hibah tersebut tidak menjadi isu liar seperti selama ini terjadi.

“Atau kalau lebih terbuka dan konkrit yakni melaporkan ke publik dengan membentangkan data penerima hibah melalui spanduk dan baleho atau melalui media sebagai pertanggung jawaban eksekutif kepada pemegang mandat, dalam hal ini masyarakat,”tutupnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *