APKP Ikut Berpartisipasi di Sinjai Brewing Competition 2024

PAREPARE, KILASSULAWESI- Awal tahun 2024 menjadi momentum bagi para pelaku kopi khususnya di Kota Parepare, sebab telah terbentuknya sebuah Asosiasi Pelaku Kopi Parepare (APKP) sebagai sebuah wadah berbagi perihal peningkatan mutu dan layanan pada sektor ekonomi kreatif berupa sajian kopi.

APKP dibentuk oleh anak muda Kota Parepare yang memiliki latar belakang berbeda-beda namun memiliki ketertarikan serta kepedulian pada kopi.

Event “Fun Cupping” merupakan kegiatan pertama APKP yang bertujuan memperkenalkan kopi kepada khalayak, digelar pada bulan Januari silam dihadiri oleh puluhan peserta dan juga asesor di bidang kopi.

Sukses melaksanakan Fun Cupping membakar semangat para pelaku kopi, sehingga pada tanggal 24 Februari 2024 mendatang APKP akan mengikuti event “Sinjai Brewing Competition 2024” yag dilaksanakan oleh Barista Sinjai Community (BASIC).

“APKP akan mengirim peserta bernama Guntur Aswardi dan Alif Hasfa R, mereka berdua akan berkompetisi mewakili Parepare menyeduh kopi dengan metode V60, sebuah metode penyeduhan kopi yang berasal dari Jepang. Metode V60 merupakan cara meneyeduh kopi secara manual menggunakan sebuah dripper bernama V60 karena bentuk kemiringannya 60 derajat. Metode seduh ini menghasilkan kompleksitas rasa seperti asam, manis, asin dan pahit tentunya dalam satu seduhan kopi, umumnya metode seduh V60 menggunakan kopi jenis Arabika,” ungkap Ketua APKP Ikrar Labattoa.

“Sinjai brewing competition 2024 ini selain berlomba juga akan menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh pelaku/penggiat kopi di Sulawesi smSelatan, oleh karena itu kami selaku APKP sangat antusias untuk ikut berpatisipasi dalam kegiatan ini, selain menambah pengalaman dan pengetahuan di kompetisi ini, kami pun sangat berharap kota kita ini ( Parepare ) bisa menyelenggarakan hal serupa di hari mendatang,” tambah Syahrani Said selaku Sekjend APKP.(rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *