Narkotika Senilai Rp1,6 Miliar Diblender Kejari Parepare

Kejari Parepare bersama Ketua PN Parepare dan Kasat Reskrim Parepare musnahkan barang bukti narkoba

PAREPARE, KILASSULAWESI– Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 357,6 gram, ganja 444.690 gram, dan ekstasi 1.630 butir atau senilai Rp 1,6 miliar dari 41 perkara. Pemusnahan narkotika itu dilakukan dengan cara diblender di halaman Kantor Kejari Parepare.

Selain itu, barang bukti lainnya, seperti bungkus rokok, kaca pireks, pipet, jarum suntik, ember, pakaian, kosmetik, dan sebagainya, dihilangkan melalui pembakaran. Termasuk, senjata tajam. Barang bukti yang dimusnahkan telah memiliki kekuatan hukum.

Bacaan Lainnya

Kepala Kejari Kota Parepare, Edi Dikdaya, mengatakan, pemusnahan ini merupakan bagian dari penanganan perkara tahun 2023, yang melibatkan 41 perkara narkotika dan 24 perkara lainnya.

“Pemusnahan barang bukti itu, perkara tahun 2023, kita laksanakan awal tahun ini (2024). Perkara, tersebut terdiri dari 41 perkara narkotika, dan 24 perkara lain-lain. 41 perkara narkotika itu, seperti sabu-sabu, ekstasi, dan sebagainya. 24 perkara lain-lain itu ada macam-macam,” katanya.

Dia merincikan, untuk barang bukti sabu-sabu itu sebanyak 357,6 gram, ganja 444.690 gram, dan ekstasi 1.630 butir. Selain dia menjelaskan, proses pemusnahan, sabu-sabu, ganja dan ekstasi dengan cara diblender yang dicampurair dan wipol. Sementara, barang bukti lainnya, seperti bungkus rokok, kosmetik, dan pakaian, dihancurkan melalui pembakaran.

“Pemusnahanya, kita masukan dalam blender yang berisi air dengan mencampur wipol lalu kita putar. Sehingga tidak dapat digunakan lagi, dan ganja serta ekstasi juga sama, kita menggunakan blender. Yang lainnya kita bakar,” tutupnya.(*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *