KPU Tuntas Gelar Pleno Perhitungan Suara, Puluhan Wajah Baru akan Warnai DPRD Parepare

Kantor DPRD Kota Parepare

PAREPARE, KILASSULAWESI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare telah melakukan proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan umum (pemilu) 2024. Salah satu yang menjadi perhatian adalah perolehan suara untuk DPRD Kota Parepare.

Hasilnya, dari 25 kursi anggota DPRD Kota Parepare yang diperebutkan, diprediksi sebanyak 11 anggota dewan terpilih diantaranya merupakan wajah baru yang akan menghiasi gedung wakil rakyat di Kota Parepare. Hasil itu dari empat daerah pemilihan (Dapil), terdiri atas dapil Bacukiki Barat, Bacukiki, Ujung dan Soreang.

Bacaan Lainnya

Terbanyak berasal dari dapil Bacukiki Barat sebanyak 4 orang, selanjutnya dapil Bacukiki 3 orang, dapil Ujung 2 orang dan dapil Soreang 2 orang. Sedangkan sisanya merupakan petahana alias wajah lama.

Berikut prediksi wajah baru dan petahana di DPRD Kota Parepare:

1. Dapil Bacukiki Barat
– Achmad Ariady (Partai Nasdem)
– Sappe (PKS)
– Hasib Hasyim (PKB)
– Hamran Hamdani (Golkar)

2. Dapil Bacukiki
– Asy’ari Abdullah (Partai Gelora)
– Jusvari Genda (PKS)
– Ilhamsyah Taufan (Golkar)

3. Dapil Ujung
– S Parman Agoes Mante (Gelora)
– Kadarusman Mangurusi (Golkar)

4. Dapil Soreang
– Zulfikar Zuhdi (Demokrat)
– Husain Muhammad Saud (Gerindra)

Petahana

1. Dapil Bacukiki Barat
– Suyuti (Nasdem)
– Musdalifah Pawe (PAN)
– Rudy Najamuddin (PPP)

2. Dapil Bacukiki
– Yusuf Lapanna (Gerindra)

3. Dapil Ujung
– Kamaluddin Kadir (Gerindra)
– Ibrahim Suanda (PAN)
– Rahmat Sjamsu Alam (Demokrat)
– Hermanto (Hanura)

4. Dapil Soreang
– Kaharuddin Kadir (Golkar)
– Asmawati (Nasdem)
– Namri Nasir (PPP)
– Apriyani Djamaluddin (PDIP)
– Andi Fudail (PKB)
– Indriasari Husni (Golkar).

Penetapan hasil adalah tahapan selanjutnya setelah proses penghitungan suara. Menurut Undang-Undang Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memiliki wewenang dalam pengumuman dan penetapan hasil Pemilu. Jadwal resmi Pemilu 2024 diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Berdasarkan PKPU tersebut, penetapan hasil Pemilu 2024 dilakukan pada waktu tiga hari setelah pemberitahuan MK atau tiga hari setelah putusan MK. Jadi sebelum menjadwalkan penetapan hasil pemilu, penyelenggara pemilu perlu menunggu putusan MK terlebih dahulu. Putusan MK yang dimaksud adalah putusan soal sengketa pemilu atau perselisihan hasil pemilu.

Bila tidak ada yang mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilu, maka pengumuman penetapan hasil pemilu akan diumumkan KPU paling lambat tiga hari setelah KPU memperoleh surat pemberitahuan dari MK. Aturan itu termaktub dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2022, yakni di bagian Lampiran, nomor 10, huruf a (Pilpres), b (Pileg), dan d (DPD).

Aturan Penetapan Hasil Pemilu

Berdasarkan Pasal 41 Ayat (3) UU Nomor 7 Tahun 2017, penetapan hasil Pemilu dilakukan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota dalam rapat pleno terbuka.

Berikut ini adalah aturan penetapan hasil Pemilu menurut Pasal 413 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

1. KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional dan hasil perolehan suara Pasangan Calon, perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPR, dan perolehan suara untuk calon anggota DPD paling lambat 35 (tiga puluh lima) hari setelah pemungutan suara.

2. KPU Provinsi menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPD provinsi paling lambat 25 (dua puluh lima) hari setelah pemungutan suara.

3. KPU Kabupaten/Kota menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPRD kabupaten/kota paling lambat 20 (dua puluh) hari setelah hari pemungutan suara.

Jadwal Pemilu 2024 Usai Pemungutan Suara

Jadwal dan tahapan Pemilu 2024 tertuang dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2022. Berikut rincian jadwal Pemilu 2024 setelah pencoblosan atau pemungutan suara.

Pencoblosan/Pemungutan suara: 14 Februari 2024

Penghitungan suara: 14 Februari 2024 – 15 Februari 2024

Rekapitulasi hasil penghitungan suara: 15 Februari 2024 – 20 Maret 2024

Penetapan hasil Pemilu: waktu tiga hari setelah pemberitahuan MK atau tiga hari setelah putusan MK

Pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

– Pengucapan sumpah/janji DPRD Kabupaten/Kota dan DPRD Provinsi: Disesuaikan dengan akhir masa jabatan masing-masing anggota
– Pengucapan sumpah/janji DPR dan DPD: 1 Oktober 2024
– Pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden: 20 Oktober 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *