Semarak Gernas BBI – BBWI Palu, Pertamina Pamerkan Lebih dari 100 Produk UMKM dan Kampanyekan Bangga Produk Lokal

PALU, KILASSULAWESI– Salah satu wujud nyata Pertamina dalam membangun kebanggaan masyarakat akan produk UMKM dan pariwisata lokal yang berkelanjutan, dilakukan dengan menyemarakan kegiatan Harvesting Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia  (BBWI) di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kegiatan yang bertajuk “100% Sulawesi Tengah” ini merupakan hasil kolaborasi apik antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Kementerian ESDM, Pertamina dan BUMN lainnya.

Bacaan Lainnya

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kebanggaan masyarakat untuk menggunakan produk-produk lokal dengan selalu mendukung para pelaku usaha khususnya UMKM untuk mendapatkan perluasan akses pasar dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas UMKM yang ada untuk terus bertumbuh.

Pada kegiatan kali ini Pertamina membawa lebih dari 100 produk dari 24 UMKM yang berasal dari Rumah BUMN (RB) Tojo Una-Una dan RB Parigi Moutong. Terdiri dari sektor makanan dan minuman, craft dan fashion.

Kemeriahan pagelaran Gernas BBI dan BBWI yang berlangsung pada 5 – 6 Agustus 2023, diawali dengan karnaval seni dan budaya, happening art, fashion show, expo handicraft dan pariwisata, festival kuliner, atraksi komunitas, apresiasi dan penghargaan, apresiasi lomba kreatif, talkshow hingga entertainment.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma’mun Amin, saat membuka acara mengatakan, penyelenggaraan Gerakan Nasional ini selaras dengan upaya pemerintah Sulawesi Tengah dalam menjalankan pembangunan di sektor UMKM dan sektor pariwisata, dengan akan digelarnya pencanangan Sulawesi Tengah sebagai 1000 negeri megalith pada bulan oktober 2023, menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju. “Saya berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah unit artisan baik UMKM, IKM maupun pertumbuhan dan peningkatan popularitas destinasi pariwisata lokal serta kesadaran dan kebanggan masyarakat lokal terhadap wisata lokal di Sulteng serta dapat membangun karakter bangga buatan indonesia sejak dini yang ditanamkan kepada anak cucu kita,” jelasnya.

“Berbagai kegiatan flagship ini diharapkan dapat menjadi program berkelanjutan yang berdampak pada kemajuan UMKM dan Pariwisata di Indonesia serta memberikan inspirasi untuk membangkitkan semangat dan optimisme para pelaku UMKM, sehingga dapat menjadi ajang promosi untuk meningkatkan transaksi penjualan produk-produk lokal khususnya yang telah masuk ke dalam ekosistem digital. Hal ini untuk mendukung pencapaian target 30 juta UMKM onboarding pada tahun 2024 yang dicanangkan Pemerintah,” ungkap Area Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, Jumat, 5 Agustus 2023.

Fahrougi menambahkan Gernas BBI dan BBWI merupakan Gerakan Nasional yang bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan produk karya anak bangsa, utamanya untuk mempromosikan produk lokal daerah yang berkualitas, meningkatkan daya beli serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM termasuk industri kecil dan menengah. Pertamina juga berusaha untuk mendorong penguatan UMKM dengan kebijakan yang berpihak pada pemberdayaan lokal, dan terus konsisten mendukung UMKM lokal melalui berbagai program pembinaan.

Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s), khususnya point 8 yakni, mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak. Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.(*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *