SMEXPO 2023, Konsistensi Pembinaan UMKM di Pertamina

JAKARTA, KKLASSULAWESI–Kegiatan Pertamina SMEXPO 2023 merupakan bukti keaktifan  maupun konsistensi Pertamina dalam membina UMKM binaannya selama ini,” ujar Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM KBUMN saat menjadi pembicara pada Podcast Cerita Inspiratif Tentang (Cinta) UMKM di Mall Gandaria City Jakarta, Rabu, 1 November 2023.

Loto menyambut baik inisiatif penyelenggaraan Pertamina SMEXPO 2023 dengan rangkaian kegiatan lengkap pembinaan UMKM mulai workshop, sharing session, business matching dan himbauan kepada unit buyer Pertamina untuk  berbelanja produk UMKM. Hal ini sejalan dengan arahan Presideñ RI dan Menteri BUMN agar bangga dan cinta produk Indonesia, serta membeli produk lokal. “Dukungan Kementerian BUMN secara sederhana dikelompokan menjadi 3 bagian antara lain pelatihan, pembiayaan dan dukungan perluasan pasar,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

VP CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengungkapkan kebanggaan terhadap penyelenggaraan Pertamina SMEXPO tahun ini, dimana terdapat keterlibatan UMKM penyandang disabilitas. Hal ini memberikan kesempatan Sobat Istimewa, sebutan penyandang disabiliitas di Pertamina guna membuktikan potensi dan keunggulan produk dari pengusaha Sobat Istimewa ini untuk dapat memperluas pasar hingga ke pasar internasional.

“Melalui peningkatan hard skill dan soft skill dalam kewirausahaan, para Sobat Istimewa ini diharapkan bisa mendapatkan kesempatan dan kesetaraan dalam berwirausaha,” ujar Fajriyah.

Seperti halnya Lily Handayani, Sobat Istimewa Safina Quilt Balikpapan yang juga narasumber Podcast, meskipun memiliki keterbatasan Ia mampu menunjukkan kesuksesan usahanya. Tidak sebatas itu, secara rutin Ia berbagi ilmu melalui pelatihan kepada perempuan berdaya, ibu rumah tangga, dan guru Sekolah Luar Biasa (SLB) se-provinsi kalimantan timur, dengan tujuan meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam mengembangkan keahlian, kreativitas, dan kemandirian.

“Saya sangat concern dengan perkembangan perempuan, untuk itu setiap bulannya saya memberikan pelatihan tidak hanya kepada perempuan berdaya, tetapi kepada perempuan yang ingin berkembang dan meningkatkan perekonomian keluarga,” ucap wanita yang menjadi ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Kota Balikpapan.

Lily berkeinginan menciptakan  suasana inklusi dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait dukungan sosial serta upaya merubah mindset masyarakat dari segala sisi. Dari sisi perempuan berdaya, orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, dan juga dari lingkungan sosial, tujuannya agar bisa saling mendukung dan menguatkan satu sama lain.

“Semoga cerita Lily Handayani bisa memberikan manfaat dan inspirasi kepada seluruh Sobat Istimewa khususnya para pelaku UMKM di Indonesia untuk menggali potensi,  terus semangat, sekaligus membuktikan bahwa UMKM Indonesia mampu berkarya, berprestasi, serta berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian nasional,” pungkas Fadjar.

Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s), khususnya poin ke-8 yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta poin 5, terkait kesetaraan gender. Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *