Warning!! Bawaslu Rekomendasikan ASN Pemkot Parepare ke KASN

Rekomendasi Bawaslu Kota Parepare ke KASN

PAREPARE, KILASSULAWESI– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Parepare telah merekomendasikan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Pelaporan tersebut terkait dugaan keterlibatan ASN dalam mensosialisasi salah satu Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari partai tertentu dengan menjadi admin group WhatsApp.

Bacaan Lainnya

“Iya, memang benar Bawaslu telah memproses dugaan pelanggaran netralitas ASN. Dan itu telah diumumkan, yang direkomendasikan ke KASN atas pelanggaran tersebut,” ujar Ketua Bawaslu Kota Parepare, Muh Zainal Asnun, Senin, 27 November 2023.

Dugaan itu diperkuat berdasarkan bukti-bukti yang ada secara keseluruhan, dan terindikasi melanggar netralitas ASN. ” Selain bukti yang didapatkan, itu diserta dengan klarifikasi termasuk saksi,” tegasnya.

Saat disinggung terkait bukti dan nama ASN yang diperoleh Bawaslu, kata Zainal, itu menjadi rahasia kami. “Namun pada intinya, pihaknya telah mengumumkan hasil akhirnya. Terkait siapa nama yang tercantum itu kita rahasiakan,”jelasnya.

Dalam merekomendasikan masalah netralitas ASN, Bawaslu selalu mengacu pada Perbawaslu Nomor 7 Tahun 2022 dan Perbawaslu Nomor 6 Tahun 2018.

” Pada pasal 9, kita lakukan kajian dengan meminta keterangan dan melakukan klarifikasi serta mengumpulkan bukti. Setelah bukti terkumpul semua itulah kita rekomendasikan ke KASN,” bebernya.

Untuk soal sanksi kepada ASN, sepenuhnya diserahkan ke KASN kami hanya sebatas merekomendasikan.(*)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *