KPU Resmi Buka Pendaftaran Pemantau Pilkada Serentak

Anggota KPU, Yulianto Sudrajat

JAKARTA, KILASSULAWESI– Proses Pemilihan Serentak Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota, telah selesai dilaksanakan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) kini kembali membuka pendaftaran bagi para pemantau Pilkada serentak tahun 2024. Pendaftaran mulai dibuka, Selasa  27 Februari 2024, termasuk bagi para pemantau dari luar negeri atau asing.

Hal itu dipaparkan, Anggota KPU, Yulianto Sudrajat terkait pendaftaran bagi pemantau Pilkada yabg sudah mulai dibuka hingga tanggal 16 November 2024 mendatang. ” Tahapan awal yang perlu dipersiapkan adalah pendaftaran pemantau pemilihan dan pendaftaran pencalonan perseorangan,” terangnya dalam konferensi pers di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan bahwa pendaftaran ini dilakukan bertujuan agar para pemantau Pilkada 2024 mendapatkan akreditasi dari KPU. Drajat juga menyebutkan ada perbedaan cara dan syarat pendaftaran antara pemantau Pilkada dari dalam dan luar negeri.

Khusus untuk pemantau dari dalam negeri, mendapat akreditasi dari KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota. Hal itu, tergantung tingkatan Pilkada yang dipantau. Pemantau Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur akan diakreditasi oleh KPU provinsi, sementara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati akan diakreditasi oleh KPU kabupaten/kota.

Khusus pemantau asing, Drajat menyatakan bahwa mereka dapat mendaftar langsung ke KPU pusat, namun dengan syarat harus memiliki rekomendasi dari kementerian terkait. “Mendaftar ke KPU RI atas rekomendasi dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang luar negeri,” tandasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *