Dewan Desak Eksekutif Serahkan KUA PPAS, Komitmen 3 T Dipertanyakan

Wakil Ketua DPRD Kota Parepare, M Rahmat Sjamsu Alam SH

PAREPARE, KILASSULAWESI– DPRD Kota Parepare mendesak eksekutif untuk segera menyerahkan draf Kebijakan Umum Anggaran, Prioritas Plafon Anggaran Sementera (KUA PPAS) Perubahan APBD Tahun 2023 sekaligus KUA-PPAS APBD Tahun 2024. Beserta realisasi APBD 2023 semester 1.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kota Parepare, Rahmat Sjamsu Alam sesuai dengan PP 12 tahun 2019 Pasal 90 dan Permendagri 77 tahun 2020. ” Pemerintah berkewajiban menyerahkan KUA PPAS ke DPRD paling lambat minggu ke II bulan Juli dan disepakati pada minggu kedua bulan Agustus. Sedang KUA PPAS Perubahan diserahkan ke DPRD paling lambat minggu I bulan Agustus dan disepakati minggu ke II Agustus,” jelasnya, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Namun fakta yang terjadi dengan aturan tersebut, lanjut Ketua Demokrat Parepare itu, Pemkot Parepare sudah terlambat menyerahkan dan melakukan bahasan bersama KUA PPAS pokok dan perubahan. ” Hampir seluruh daerah sudah melakukan persetujuan KUA PPAS pokok dan perubahan,” tegasnya. Selain itu, pemerintah daerah juga berkewajiban menyerahkan laporan realisasi semester I APBD, paling lambat akhir Juli tahun berkenan sebagaima diatur dalam PP 12 tahun 2019.

Senada disampaikan Anggota DPRD Kota Parepare, Suyuti dimana menurutnya hal tersebut perlu dilakukan agar dewan mempunyai cukup waktu untuk membahas dan mencermati dokumen KUP PPAS Perubahan APBD Parepare, agar perubahan APBD itu sesuai dengan regulasi dan bisa tepat sasaran untuk pembangunan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Suyuti menambahkan, kondisi ini terjadi akibat ketidakpedulian dan bukti tidak konsisten dengan apa yang kerap digaungkan wali kota. ” Katanya konsisten 3 T yakni taat asas, taat administrasi dan taat anggaran. Namun, fakta dengan kondisi saat ini tak demikian, dengan apa yang terjadi. KUA PPAS harus segera diajukan eksekutif untuk percepatan kinerja pembangunan , “ tutupnya.(*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *