Parepare Satu-satunya Daerah Warganya Gelar Pawai Bahagia Ditinggalkan Kepala Daerahnya

Peserta pawai bahagia di Kota Parepare usai berakhirnya masa jabatan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe

PAREPARE, KILASSULAWESI– Aksi pawai bahagia yang diikuti kurang lebih ribuan orang berlangsung dengan gembira dan semarak. Pawai dengan pengawalan personel kepolisian diikuti ratusan kendaraan baik roda dua maupun empat.

Peserta pawai bergerak pukul 10.00 Wita dari halaman Balai Ainun Habibie di Jalan Alwi Abdul Jalil Habibie, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Dan berakhir dengan orasi di depan Gedung DPRD Kota Parepare.

Bacaan Lainnya

Dalam pawai bahagia, dengan agenda utama ‘buang sial’ di Tonrangeng River Side menjadi tolak ukur akan kegagalan Taufan Pawe dalam memimpin warga Kota Parepare selama kurang lebih 10 tahun.

Salah satu peserta pawai, Nur mengaku ikut pawai kebahagian karena mungkin aksi seperti ini hanya satu-satunya terjadi di Indonesia. ” Biasanya, kalau ada kepala daerah berhenti warganya sedih, tapi ini sebaliknya warga berbahagia,”ujarnya.

Senada disampaikan, mantan Anggota DPRD Kota Parepare, HA Rahman Saleh jika apa yang dilaksanakan hari ini, Selasa, 31 Oktober 2023, dimana bertepatan dengan pelantikan Penjabat Wali Kota Parepare. Harapan terbesar pasca berakhirnya masa kepemimpinan Taufan Pawe akan menjadikan daerah kita lebih baik lagi.

Ditempat terpisah, Penjabat (Pj) Walikota Parepare, Dr Akbar Ali dan Penjabat Bupati Enrekang, Baba telah resmi dilantik oleh Pj Gubernur Sulsel, Dr Bahtiar Baharuddin, di Kantor Gubenur Sulawesi Selatan. Pj Walikota Parepare, Akbar Ali dilantik berdasarkan surat keputusan (SK) Kemendagri Nomor: 100.2.1.3-4112 tahun 2023 dan Pj Bupati Enrekang, H Baba dilantik berdasarkan SK nomor: 100.2.1.3-4113 tahun 2023.

Kepala Biro Pemerintahan dan otonomi Daerah Pemrov Sulsel, Idham Kadir mengatakan menetapkan keputusan menteri dalam negeri tentang Pj Bupati Enrekang dan Pj Walikota Parepare dimana Pj Bupati Enrekang dijabat oleh H Baba yang merupakan Sekda Enrekang.

Sedangkan Pj Walikota dijabat oleh Dr Akbar Ali yang merupakan Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri di Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BKSDN) Kemendagri.

Akbar Ali menggantikan posisi Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe sedangkan H Baba gantikan Bupati Enrekang, Muslimin Bando. Baik Taufan Pawe maupun Muslimin Bando keduanya diganti berdasarkan SK Mendagri dimana keduanya menyelesaikan masa jabatannya.(*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *