Harkitnas, Akbar Ali: Moment Bangkitkan Semangat Juang

PAREPARE, KILASSULAWESI– Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali atas nama Pemerintah Kota Parepare mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), 20 Mei 2024. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini tidak lepas dari momen bersejarah berdirinya Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

Sejarah peringatan Hari Kebangkitan Nasional pertama kali dilakukan pada era Presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1948 di Istana Kepresidenan di Yogyakarta, bersamaan dengan peringatan 40 tahun berdirinya organisasi Budi Utomo.

Bacaan Lainnya

Penetapan Hari Kebangkitan Nasional sebagai Hari Nasional kemudian diresmikan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang bukan Hari Libur.

Peringatan Harkitnas tahun ini mengusung tema “Kebangkitan Kedua menuju Indonesia Emas”.

“Hari berdirinya Boedi Oetomo menjadi simbol Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini. Boedi Oetomo menjadi tempat awal bagi orang untuk belajar dan berdebat tentang berbagai hal, dan dari sana muncul pemikiran tentang pentingnya memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda,” kata Akbar Ali.

“Dengan pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Presiden Joko Widodo yang dipacu dalam beberapa tahun terakhir, tantangan demi tantangan dapat kita hadapi bersama. Kerja sama dari seluruh komponen bangsa telah menggerakkan roda transformasi dengan pasti,” ungkap Akbar Ali.

Akbar Ali mengemukakan, kebangkitan kedua ini menjadi momen penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk terus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional menjadi momen yang sarat makna dan inspirasi, membangkitkan semangat juang untuk terus maju demi Indonesia yang lebih baik,” tandas Akbar Ali.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *