Taufan Pawe Lepas Tim CBP, Sebar 27 Ton Beras

PAREPARE – Walikota Parepare melepas Tim penyalur Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Kota Parepare Tahun 2023.

Sebelum pelepasan, dilakukan penyerahan secara simbolis oleh Walikota Parepare Taufan Pawe, kepada perwakilan masing-masing Kecamatan, di Halaman Rumah Jabatan Walikota Parepare, Kamis (23/2/2023).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial Hasan Ginca menyampaikan, penyaluran CBP ini untuk penanggulangan keadaan darurat bencana dan kerawanan pangan pasca banjir kepada 4.905 jiwa.

“Bantuan Cadangan Beras pemerintah yang di salurkan ini, sebanyak 27 ton 468 kg kepada 1.323 kepala keluarga atau 4.905 jiwa korban bencana banjir dan tanah longsor,” sebut Hasan Ginca.

Sementara Walikota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, penyaluran CBP ini sebagai sebuah bukti nyata pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat yang kena dampak bencana.

“Mudah-mudahan bantuan, sentuhan dari Pemerintah ini dalam bentuk beras cadangan pemerintah, itu bisa mengurangi dan meringankan beban masyarakat pasca bencana,” ucap Taufan.

Pada kesempatan tersebut Walikota Parepare dua periode ini juga menekankan agar penyaluran cadangan beras ini dapat terkoordinir dengan baik, mulai dari camat hingga lurah.

“Penyaluran cadangan beras ini, mudah-mudahan dapat terkoordinasi dengan baik dan tepat sasaran di bawah pengendalian para Camat saya. pemantauan harus diperketat oleh para Lurah saya dan kerja-kerja dari tim penyalur ini termasuk tim penyalur relawan adalah manusia biasa,” Jelas Taufan.

Lebih lanjut Taufan menjelaskan, bahwa cadangan beras ini tidak dalam artian beras lama atau beras rusak. Namun cadangan beras tersebut kata dia, Pemerintah pusat sudah menyiapkan beras untuk para kepala Daerah dalam setiap tahun, untuk digunakan sebagai beras cadangan pemerintah.

“Jangan karena dikatakan cadangan beras dari Bulog atau beras lama karena namanya kata cadangan. Bukan kata cadangan dalam artian seperti itu. Pemerintah pusat Kementerian sosial menyiapkan beras untuk digunakan oleh para kepala daerah Kabupaten/Kota dalam setiap tahun untuk disalurkan apabila terjadi bencana,” terangnya.

Penyaluran cadangan beras pemerintah ini, juga sebagai ketahanan pangan untuk mengendalikan inflasi di Kota Parepare. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *