PT Meratus Group akan Mulai Beroperasi Akhir Maret di Parepare

Kepolisian memberikan sosialisasi ke warga atas jalur yang akan disterilkan

PAREPARE, KILASSULAWESI– Pemerintah Kota Parepare bersama PT Pelindo, TNI dan Polri serta stakeholder terkait turun melakukan sosialisasi, sekaligus sterilisasi jalur khusus yang akan dilalui kontainer milik PT Meratus Group, Jumat, 15 Maret 2024.

Sejumlah jalur khusus yang disterilkan adalah belakang Pasar Rakyat Lakessi, kawasan Terminal Kontainer di area Pelabuhan Cappa Ujung, Parepare. Sterilisasi dilakukan karena perusahaan pelayaran kontainer papan atas nasional PT Meratus Group, mulai beroperasi di Parepare pada 23 Maret 2024.

Bacaan Lainnya

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setdako Parepare, Andi Ardian Asyraq, Kepala Dinas Perdagangan Parepare, Andi Wisnah T, Kepala Dinas Perhubungan Parepare Fitriany, dan jajaran terkait lainnya yang memimpin sterilisasi.

Sterilisasi itu berupa penertiban pedagang liar yang menggunakan bahu jalan yang menghalangi jalur utama kontainer menuju Pelabuhan Cappa Ujung. Sementara jalur lainnya yang melalui Cempae, di samping Lapangan Kavaleri, Kecamatan Soreang, juga turut disterilkan.

“Semua jalur yang dilalui kontainer harus kita sterilkan, terutama yang di belakang Pasar Lakessi. Karena itu, bersama bersama TNI, Polri, pihak Kecamatan dan Kelurahan kami tertibkan dan sosialisasikan larangan berjualan di badan jalan pada jalur dilalui kontainer, terutama di kawasan menuju Pelabuhan Cappa Ujung. Karena Insya Allah, direncanakan pada tanggal 23 Maret, PT Meratus bakal beroperasi di Parepare jika tidak ada halangan,” kata Asisten II Andi Ardian.

Operasional tahap awal PT Meratus di Parepare adalah untuk rute tujuan Surabaya. Pemkot Parepare dengan kehadiran PT Meratus selaku fasilitator, sementara pemanfaatan sepenuhnya adalah PT Pelindo. Pelindo yang mempersiapkan segala sesuatunya khususnya insfrastruktur peralatan penunjang kontainer tersebut.

Sehari sebelumnya, dibahas persiapan beroperasinya PT Meratus dan jalur kontainer dalam rapat koordinasi yang dipimpin Sekda Parepare, Muh Husni Syam di Lounge BJ Habibie, Kantor Wali Kota Parepare.

Termasuk yang dibahas dalam rapat tersebut adalah sterilisasi jalur kontainer di belakang Pasar Lakessi. Rapat itu dihadiri antara lain Asisten II, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Perhubungan Fitriany, Kepala Dinas PUPR Budi Rusdi, Pasi Intel Kodim 1405 Kapt Zainuddin, Kabag Ops Polres Parepare Kompol Burhanuddin, Kabag Perekonomian dan SDA Rudy M, Kabag Pemerintahan, Camat Soreang Awaluddin, Camat Ujung Muh Yusuf Azis, Lurah Lakessi, Lurah Kampung Pisang, Lurah Ujung Sabbang.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *